Usulan Tindakan Perawatan Komponen Kritis Pada Mesin Pompa Centrifual Menunaikan Metode Failure Mode Effect And Criticality Analysis Di PDAM Tirtawengi

Nurdianto, Shandy (2017) Usulan Tindakan Perawatan Komponen Kritis Pada Mesin Pompa Centrifual Menunaikan Metode Failure Mode Effect And Criticality Analysis Di PDAM Tirtawengi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

PDAM perusahaan yang bergerak dibidang air bersih dan pengolahan air kotor. Selama perusahaan melakukan proses pendistribusian air bersih, ada kalanya mesin mengalami kerusakan. Sehingga mesin tidak dapat beroperasi dengan baik. Jika hal ini dibiarkan, komponen yang sering mengalami kerusakan berpeluang mengalami kerusakan secara mendadak pada mesin atau pada komponen lainnya, karena komponen tersebut kurang perawatan. Dengan demikian perlu adanya suatu metode perawatan yang efektif dan efisien untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada mesin atau pompa. Penelitian ini dilakukan di PDAM TIRTAWENING KOTA BANDUNG. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah belum dilakukannya metode perawatan yang optimal yang dilakukan perusahaan seperti tidak adanya perawatan pencegahan dalam pemeliharaan atau perawatan yang dilakukan. Perawatan yang ada hanya proses penggantian komponen saja. Hal ini akan berdampak pada mesin mudah rusak serta akan berkurangnya kinerja dari mesin yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Failure Mode Effects and Criticality Analysis ( FMECA ). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kerusakan yang dialami mesin, mencari penyebab serta akibat yang ditimbulkan oleh rusaknya komponen, dam menidentifikasi efek-efek buruk yang akan terjadi apabila mesin tersebut mengalami kerusakan. Pada penelitian ini dilakukan sesuai dari prosedur metode yang digunakan. Dari penelitian yang dilakukan di PDAM TIRTAWENING, dengan menggunakan metode FMECA dapat diketahui komponen kritis yang menempati prioritas dalam tindakan perawatan, yaitu Shaft (poros), Impeller, Shaft Sleeve, dan Bearing. Kerusakan yang dialami oleh keempat komponen ini adalah aus,patah,retak, dan terjadinya pengikisan. Dari hasil penelitian diharapkan perusahaan dapat mengetahui kerusakan mesin serta mampu melakukan tindakan perawatan yang lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perawatan, FMECA (Failure Mode, Effect and Criticality Analysis)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53809

Actions (login required)

View Item View Item