Perancangan Sistem Informasi Administrasi Alat Dan Perkakas (Tools) Divisi Fasilitas PT. Kereta Api Indonesia Dipo Lokomotif Bandung

Lestari, Dewi (2017) Perancangan Sistem Informasi Administrasi Alat Dan Perkakas (Tools) Divisi Fasilitas PT. Kereta Api Indonesia Dipo Lokomotif Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Divisi fasilitas PT. Kereta Api Indonesia Dipo Lokomotif Bandung merupakan divisi yang mengatur bagian alat dan perkakas (tools) untuk keperluan karyawan ketika bertugas di lapangan. Perancangan sistem informasi administrasi alat dan perkakas diperlukan untuk menggantikan sistem pencatatan yang masih dilakukan secara manual yang dilakukan pada sebuah buku besar (ladger), serta dapat menghasilkan laporan-laporan yang diperlukan. Perancangan sistem informasi administrasi alat dan perkakas (tools) ini menggunakan metodologi FAST (Framework for The Application of System Thinking) atau sebuah kerangka cerdas fleksibel untuk menyediakan tipe-tipe berbeda tipe proyek dan strategi. Terdapat 8 fase dalam metode FAST ini, yaitu definisi ruang lingkup, analisis masalah, analisis persyaratan, desain logis, analisis keputusan, desain fisik, konstruksi dan pengujian, serta fase instalasi dan pengiriman. Namun dalam perancangan ini hanya digunakan 7 fase saja, yaitu dimulai dengan definisi ruang lingkup sampai fase konstruksi dan pengujian sistem. Hasil dari pengembangan perancangan sistem informasi administrasi alat dan perkakas (tools) ini adalah berupa prototype dengan menggunakan software DBMS Microsoft Access 2010. Database dari prototype ini berisikan 3 buah tabel yang merupakan bagian terpenting dari perancangan sistem informasi administrasi alat dan perkakas (tools), yaitu tabel data karyawan, tabel data tools, dan tabel peminjaman. Output dari sistem informasi administrasi alat dan perkakas (tools) berupa formulir untuk mengisi data karyawan baru, data tools baru, data peminjaman yang dilakukan oleh karyawan, serta laporan mengenai jumlah alat dan perkakas (tools). Dengan sistem informasi ini diharapkan proses peminjaman serta pengembalian alat dan perkakas (tools) berjalan dengan lebih cepat, terkendali, dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan, sehingga perusahaan dapat memberikan informasi mengenai kebutuhan dan ketersediaan alat dan perkakas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem informasi, administrasi, alat dan perkakas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53811

Actions (login required)

View Item View Item