Analisis Perfomansi Gardu E-Toll Pada Pintu Gerbang Tol Cluster 1 Menggunakan Metode Model Simulasi Di PT. Jasamarga (Persereo) Bandung

Fazlurahman, Ifaz (2017) Analisis Perfomansi Gardu E-Toll Pada Pintu Gerbang Tol Cluster 1 Menggunakan Metode Model Simulasi Di PT. Jasamarga (Persereo) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Volume lalu lintas yang tinggi pada pintu gerbang tol cluster 1 yaitu gerbang tol pasteur dan gerbang tol cileunyi menjadi penyebab utama terjadinya antrian pada gardu keluar, dengan adanya masalah tersebut PT.Jasamarga menyediakan gardu e-toll yang dibuat untuk melayani transaksi menggunakan kartu e-toll dan mempercepat transaksi pada gardu keluar sehingga diharapkan dapat mengurangi antrian yang terjadi pada pintu gerbang tol cluster 1. Untuk mengetahui sebarapa signifikan penggunaan gardu e-toll dapat mengurangi antrian yang terjadi pada gardu keluar di pintu gerbang tol cluster 1 maka tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisis performansi untuk mengetahui tingkat performansi dari gardu e-toll sistem aktual dan kapasitas maksimum volume lalu lintas yang dapat dilayani oleh penggunaan gardu e-toll pada pintu gerbang tol cluster 1. enelitian ini dimulai dengan mengumpulkan data yang diperlukan untuk membuat model simulasi, data yang telah dikumpulkan kemudian diolah menggunakan software StatFit untuk mengetahui pola distribusi dari data tersebut, setelah data lengkap dilanjutkan dengan pembangunan model simulasi menggunakan Promodel 2014 student version. Output dari model simulasi yang dibuat kemudian di validasi dengan pengujian t-test menggunakan software SPSS. Setelah model yang dibuat valid, kemudian penelitian dilanjutkan dengan melakukan eksperimentasi model untuk mendapatkan data yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data hasil eksperimen tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan kesimpulan akhir. Analisis performansi dari hasil output simulasi menunjukkan angka utilitas tertinggi gardu e-toll sebesar 23.30 % dengan waktu pelayanan 4.46 detik pada pintu gerbang tol pasteur dan utilitas tertinggi gardu e-toll sebesar 11.66 % dengan waktu pelayanan 3.61 detik pada pintu gerbang tol cileunyi. Analisis untuk kapatias maksimum dari gardu e-toll pada pintu gerbang tol pasteur dapat melayani 102500 kendaraan perhari dengan 8 gardu e-toll yang beroperasi dan pada pintu gerbang tol cileunyi dapat melayani 130000 kendaraan perhari dengan 8 gardu e-toll yang beroperasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: gardu e-toll, analisis performansi, model simulasi
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53814

Actions (login required)

View Item View Item