Analisis Risiko Penyakit Akibat Kecelakaan Kerja serta Usulan Perbaikan Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Denan Menggunakan Metode Hira Di Dipo Lokomotif PT. KAI Bandung

Sari, Wulan (2017) Analisis Risiko Penyakit Akibat Kecelakaan Kerja serta Usulan Perbaikan Sistem Manajemen Kesehatan Dan Keselamatan Kerja Denan Menggunakan Metode Hira Di Dipo Lokomotif PT. KAI Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dipo lokomotif PT.KAI Daop 2 Bandung merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pemeliharaan lokomotif di daerah operasi 2 Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di Dipo Lokomotif Daop 2 Bandung. Para pekerja dipo lokomotif sering kali terjadi gangguan pekerjaan seperti terpeleset pada saat bekerja dikarenakan tempat kerja yang licin dan banyak tumpahan oli di bagian mekanik, pengeluaran asap dari lokomotif di bagian diesel, mata terkena debu dan menghirup debu di bagian angin, terkena percikan las dan tersengat listrik di bagian elektrik.Risiko kecelakaan dan penyakit akibat kerja pada bagian diesel yaitu menghirup asap, batuk, iritasi mata, sesak nafas, iritasi kulit. Risiko pada bagian angin yaitu cidera yang dialami iritasi mata, batuk, bersin-bersin dan sesak nafas. Risiko pada bagian elektrik dan mekanik seperti luka berat, terkilir dan memar akibat terpeleset oli. Metode HIRA merupakan mentode untuk mengidentifikasi kecelakaan kerja dengan penilaiaian risiko serta pengendalian terhadap risiko. Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai resiko potensi bahaya kerja sebesar 17% resiko extreme, 45% resiko high, 25% resiko medium dan 13% resiko low. Disarankan pada pekerja sebaiknya setiap pekerja wajib dan disiplin dalam menggunakan alat pelindung diri, serta lebih fokus dan berhati-hati pada saat bekerja terutama dibagian yang berisiko tinggi yaitu bagian elektrik dan mekanik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis risiko, Kecelakaan kerja, Metode HIRA.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53816

Actions (login required)

View Item View Item