Usulan Perbaikan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Hazard And Operability (Hazop) Di PT Pikiran Rakyat Bandung

Ridwan Assalam, Agung (2017) Usulan Perbaikan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Menggunakan Metode Hazard And Operability (Hazop) Di PT Pikiran Rakyat Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam lingkungan pekerjaan, keselamatan dan kesehatan dalam bekerja amatlah penting, oleh karena itu perusahaan maupun operatornya perlu meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya keselamatan dalam bekerja dengan melakukan perbaikan sistem keselamatan dan kesehatan kerja pada perusahaan. The Hazard and Operability Study (Hazop) adalah standar teknik analisis bahaya yang digunakan dalam persiapan penetapan keamanan dalam sistem baru atau modifikasi untuk suatu keberadaan potensi bahaya atau masalah operabilitasnya. Tujuan penggunaan Hazop sendiri adalah untuk meninjau suatu proses atau operasi pada suatu sistem secara sistematis, untuk menentukan apakah proses penyimpangan dapat mendorong kearah kejadian atau kecelakaan yang tidak diinginkan. Setelah mengidentifikasi hazard atau potensi bahaya dari gambar lingkungan kerja di lantai produksi, maka didapatkan hasil berupa data lokasi dan beberapa faktor penyebab terciptanya potensi kecelakaan kerja dan potensi bahaya apa yang akan diterima. Potensi bahaya yang ditemukan di lantai produksi diketahui risiko terjadinya kecelakaan kerja bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari faktor manusia maupun faktor manajemen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: keselamatan dan kesehatan kerja dan Hazard and Operability (Hazop)
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53819

Actions (login required)

View Item View Item