Perancangan Sistem Pendeteksi Kepadatan Lalu Lintas Menggunakan Image Processing Dengan Metode Background Subtraction Pada Sikomolintas

Hadi Setiadi, Indra (2017) Perancangan Sistem Pendeteksi Kepadatan Lalu Lintas Menggunakan Image Processing Dengan Metode Background Subtraction Pada Sikomolintas.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Data jumlah kendaraan meningkat tiap tahunya, dampaknya dapat menyebabkan kepadatan lalu lintas yang berlebih dan apabila tidak ditindak lanjuti lebih jauh dapat menyebabkan kemacetan. Solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menambahkan kecerdasan pada pengendali pewaktuan lalu lintas dengan mendahulukan ruas jalan yang padat/macet. Namun tentu saja memerlukan data kepadatan untuk mengendalikanya. Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat suatu sistem yang dapat mendeteksi kepadatan lalu lintas dan status kondisi lalu lintas dengan menggunakan image processing. Metoda Background Subtraction digunakan sebagai pemisah objek dengan background, sedangkan kelemahan Background Subtraction yang memerlukan data tanpa objek pada latar belakang dibuat solusinya dengan menyamarkan objek bergerak. Sebagai contoh penerapan dari sistem ini dibuat juga simulasi pengendali lampu lalu lintas. Perancangan sistem ini merupakan bagian dari sistem yang lebih besar yaitu Sistem Kontrol dan Monitoring Lalu Lintas (SIKOMOLINTAS). Adapun hasil yang telah dicapai dari perancangan sistem ini diantaranya dapat menghasilkan data kepadatan dan status lalu lintas, mengendalikan pewaktuan simulasi lampu lalu lintas berdasarkan data kepadatan yang ada, serta dapat diintegrasikan dengan SIKOMOLINTAS.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Citra, kapadatan, jalan, deteksi, pengendali, macet, SIKOMOLINTAS
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53820

Actions (login required)

View Item View Item