Rancang Bangun Alat Penganalisis Tanah Berbasis Mikrokontroler Untuk Mengetahui Presentase Kesuburan Tanah

Siswanto, Fahrurrizal (2017) Rancang Bangun Alat Penganalisis Tanah Berbasis Mikrokontroler Untuk Mengetahui Presentase Kesuburan Tanah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pertanian adalah pasar utama rakyat Indonesia dan kesuburan tanah adalah hal paling utama dalam dunia pertanian karena bila tanah tidak subur maka tentu saja akan mengakibatkan kualitas hasil tani yang buruk. Salah satu cara untuk menganalisa presentase kesuburan tanah adalah dengan cara menganalisa kadar keasaman, konduktivitas listrik, (sifat kimia tanah) kelembapan dan temperatur (sifat fisik tanah) tanah tersebut. Permasalahannya adalah memeriksa faktor-faktor tersebut itu memerlukan tes laboratorium, waktu yang lama dan tentu saja biaya yang tidak murah. Alat penganalisa tanah berbasis mikrokontroler ini merupakan salah satu alternatif yang dapat menggantikan proses analisa tanah di lapangan secara biasa atau umum, karena alat penganalisa tanah ini dapat menganalisa tanah dengan cepat dilapangan langsung. Cara kerja alat ini dengan cara menancapkan sensor-sensor kedalam wadah tanah yang telah disediakan, ada 2 macam tanah, tanah kering dan tanah basah, tanah kering untuk menganalisa kelembapan dan suhu tanah, sedangkan tanah basah untuk menganalisa tingkat keasaman tanah (PH tanah) dan Daya Hantar Listrik (DHL). Sensor yang dipergunakan pada alat penganalisa tanah berbasis mikrokontroler yaitu sensor PH, sensor konduktivitas dan sensor suhu dan kelembaban (SHT11) serta LCD 16x2 untuk menampilkan hasil analisa dan wadah tanah untuk memisahkan tanah basah dan tanah kering.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Alat Penganalisa Tanah, Sensor pH, Sensor Konduktivitas, Sensor Suhu dan Kelembapan, LCD, Mikrokontroler
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53831

Actions (login required)

View Item View Item