Implementasi Logika Fuzzy Metode Sufeno Pada Pemodelan Pengolahan Data Peta Daerah Rawan Bencana Berbasis Sistem Informasi Geografi

M, and Alliman, (2017) Implementasi Logika Fuzzy Metode Sufeno Pada Pemodelan Pengolahan Data Peta Daerah Rawan Bencana Berbasis Sistem Informasi Geografi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pola penanggulangan bencana sekarang ini sudah efektif di bagian tanggap darurat, tetapi penanggulangan bencana tidak hanya dibagian tanggap darurat. Masih ada bagian mitigasi atau sebelum terjadi bencana dan pasca terjadi bencana. Pola penanggulangan bencana kurang efektif karena tidak saling koordianasi antara masyarakat, pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kebencanaan. Prilaku masyarakat bagian terpenting dalam pola penanggulangan bencana bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Memberikan bantuan kepada korban tanpa di menajemen selalu menjadi bencana susulan yang disebut dengan bencana sosial. Pada penelitian ini membuat sistem pendukung keputusan penanganan bencana, menggunakan Logika Fuzzy metode Sugeno sebagai pendukung keputusan agar bisa memberikan pengetahuan kepada masyarakat mengenai mitigasi bencana seperti jalur evakuasi dan Assembly Point atau titik aman . Selain itu, sistem ini dapat membantu pemerintah dan relawan pada penanganan bencana seperti menentukan kebutuhan logistik (sandang, pangan dan papan) dan kebutuhan medis korban bencana ketika terjadi bencana. Secara umum dapat disimpulkan bahwa aplikasi sistem informasi geografi bencana sudah dapat membantu dalam Pra-bencana seperti jalur evakuasi dan Assembly Point atau titik aman dan Penanganan bencana seperti kebutuhan logistik dan kebutuhan medis, dengan persentase bermanfaat sangat setuju 25%, setuju 50% dan cukup 20% setelah melakukan wawancara dan kuesioner kepada relawan-relawan yang sering terlibat di kebencanaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Geografi Bencana, Logika Fuzzy.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53835

Actions (login required)

View Item View Item