Model Pembelajaran Sebagai Sarana Untuk Mempelajari Komponen Utama Mesin Kendaraan Bermotor Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Weldy Pratama, Moch (2017) Model Pembelajaran Sebagai Sarana Untuk Mempelajari Komponen Utama Mesin Kendaraan Bermotor Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang dikhususkan mendalami satu bidang jurusan, Teknik Otomotif merupakan salah satu bidang jurusan yang dipelajari siswa Sekolah Menengah Kejuruan, yang mengharuskan siswa mengenal komponen dasar mesin kendaraan bermotor sebagai dasar pembelajaran. Pada saat ini siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknik Otomotif memiliki beberapa masalah yang sedang dihadapi, yaitu lemahnya proses pembelajaran. Dengan adanya sarana praktik, tidak begitu membantu siswa dalam proses pembelajaran, dikarenakan terdapatnya masalah saat praktik. Diantaranya, biaya yang cukup besar, karena harus melakukan pembelahan satu mesin kendaraan utuh, tidak hanya itu waktu yang begitu singkat menjadi permasalahan pada saat praktik, dikarenakan siswa tidak dapat melaksanakan praktik satu orang untuk satu mesin kendaraan maupun satu kelompok kecil untuk satu mesin kendaraan penuh dalam waktu yang singkat. Maka itu, dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu siswa dalam pembelajaran komponen utama dan fungsi mesin kendaraan bermotor yang bertujuan untuk mengurangi biaya dan mengefisiensikan waktu pada saat praktik. Dimana aplikasi ini dapat membantu siswa melihat secara real komponen mesin kendaraan tanpa harus membelah mesin kendaraan tersebut, membuat siswa dapat membayangkan bagaimana mesin tersebut dapat bekerja dengan komponen dan fungsi yang ada di dalamnya tanpa harus membelah mesin kendaraan tersebut, hal ini terjadi dikarenakan teknologi Augmented Reality.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Mesin Kendaraan, Pembelajaran
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53845

Actions (login required)

View Item View Item