Pembuatan Sistem Berbasis Android Untuk Memprediksi Penyakit Berdasarkan Gejala YanG Ditimbulkannya Menggunakan Metode Naive Bayes

Yuliawardhani, Dilla (2017) Pembuatan Sistem Berbasis Android Untuk Memprediksi Penyakit Berdasarkan Gejala YanG Ditimbulkannya Menggunakan Metode Naive Bayes.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Setiap manusia akan dinyatakan sakit ketika ia mengalami gejala tertentu, yang timbul akibat infeksi pada tubuh, sehingga kita dapat mengetahui jenis penyakit dari gejala-gejala tersebut. Umumnya penderita akan pergi ke dokter untuk mengetahui secara pasti jenis penyakit yang dideritanya. Namun karena kendala biaya, waktu dan jarak, penderita sakit biasanya enggan pergi ke dokter. Pada penelitian ini telah dibangun sebuah sistem yang dapat mengklasifikasikan penyakit. Penklasifikasian dilakukan dengan menggunakan metode Na�¯ve Bayes, yaitu dengan menghitung probabilitas dari setiap penyakit berdasarkan informasi gejala-gejala sakit dari pengguna. Sistem akan menentukan penyakit dengan nilai probabilitas paling besar sebagai hasil deteksi penyakit. Sistem ini memberikan hasil deteksi penyakit dengan tingkat keakuratan sebesar 95% s/d 100% terhadap data yang digunakan, apabila jumlah masukan pada sistem lebih dari tiga gejala. Sedangkan jika masukan kurang dari tiga gejala akurasinya hanya 45%. Dan penerapan sistem pada perangkat android mendapatkan respon sangat positif dari pengguna sebesar 73,33%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: naive bayes, klasifikasi penyakit, probabilitas, android
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer > Sistem Komputer > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Komputer (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53854

Actions (login required)

View Item View Item