Perancangan Model Keterikatan Karyawan Pada Tim Pengembangan Scrum (Studi Kasus CV. Kabita Informatika)

Nugraha Ramdhon, Andri (2017) Perancangan Model Keterikatan Karyawan Pada Tim Pengembangan Scrum (Studi Kasus CV. Kabita Informatika).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

CV.Kabita Informatika (KI) merupakan start-up company yang bergerak dalam bidang informasi dan teknologi. KI berfokus pada pembangunan perangkat lunak berbasis mobile. Demi mempertahankan eksistensi dan persaingan KI terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas mutu pada pembangunan aplikasi. Seiring dengan banyaknya jumlah produk dan proyek aplikasi yang dikerjakan KI disertai dengan dinamisnya Sumber Daya Manusia (SDM) di tim pengembang tak luput dari adanya permasalahan seperti fluktuatifnya kualitas output, turnover yang tidak bisa ditebak waktunya, efektifitas transfer knowledge yang belum optimal, komunikasi internal tim, adanya keluhan Employee Employment Opportunity (EEO) dan lain-lain. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut selain dari sisi teknologi adalah dengan menciptakan keterikatan karyawan di perusahaan itu sendiri. Demi terciptanya keterikatan karyawan yang baik serta tepat guna maka penting bagi perusahaan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya keterikatan karyawan, bagaimana hubungan antar faktor tersebut dan rekomendasi aksi seperti apa yang sesuai dengan lingkungan kerja tim pengembang perangkat lunak di KI. Oleh karena itu, perancangan model keterikatan karyawan yang diteliti ini dapat menjadi solusi bagi perusahan pada umumnya dan tim pengembang pada khususnya untuk memahami faktor apa saja yang mempengaruhinya, bagaimana hubungan antar faktor tersebut dan rekomendasi aksi apa yang harus dilakukan untuk menciptakan keterikatan karyawan yang sesuai di KI. Berdasarkan hasil uji hipotesis, didapatkan beberapa kesimpulan antara lain : Faktor yang mempengaruhi dan berdampak signifikan terhadap keterikatan karyawan secara langsung di KI yaitu faktor pengembangan karir (career development) dengan nilai original sample 0.264182; Faktor kepemimpinan (leadership) berdampak signifikan terhadap faktor emosi (emotional) dengan nilai original sample 0.249934; Rekomendasi yang dapat diberikan, yaitu KI diharapkan dapat memperhatikan faktor emosi (emotional) untuk meningkatkan keterikatan karyawan terhadap perusahaan dikarenakan memiliki nilai original sample emosi (emotional) paling kecil sebesar 0.027366.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keterikatan Karyawan, Model Keterikatan Karyawan, Tim Pengembang Scrum, PLS-SEM, Kabita Informatika.
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53864

Actions (login required)

View Item View Item