Perancangan Arsitektur Enterprise Untuk Mendukung Proses Bisnis Menggunakan Togaf Architecture Development Metohode (ADM) Di STMIK Dharma Negara

Mulyanto, Yudi (2017) Perancangan Arsitektur Enterprise Untuk Mendukung Proses Bisnis Menggunakan Togaf Architecture Development Metohode (ADM) Di STMIK Dharma Negara.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pembangunan dan pengembangan arsitektur enterprise dan sistem informasi sudah selayaknya direncanakan dan dirancang secara baik serta disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan organisasi. Perancangan yang baik akan memberikan manfaat yang besar bagi pembangunan atau pengembangan arsitektur enterprise, baik dari sisi sumber daya manusia, anggaran dan kesiapan organisasi dalam melaksanakan rencana tersebut. Sekolah tinggi manajemen informatika dan komputer dharma Negara merupakan salah satu sekolah tinggi swasta yang berencana mengembangkan arsitektur enterprise guna mencapai visi dan misi dari organisasi. Pada perancangan arsitektur enterprise digunakan togaf ADM sebagai framework yang akan membantu dalam merancang arsitektur enterprise di STMIK Dharma Negara. Pada penelitian ini fase-fase dalam togaf ADM tidak digunakan seluruhnya, penelitian ini hanya menggunakan tujuh fase dari sembilan fase togaf ADM yaitu fase preliminary, fase arsitektur visi, fase arsitektur bisnis, fase arsitektur sistem informasi, fase arsitektur teknologi, fase oputunity and solution, fase migration planning. Fase pertama dari pengembangan arsitektru enterprise ini adalah fase preliminary, output dari fase preliminary menjadi inputan pada fase awal dari fase togaf ADM yaitu arsitektur visi dan dari inputan tersebut menghasilkan struktur organisasi baru yang akan diusulkan. Pada fase selanjutnya proses bisnis juga dianalisa dengan menggunakan analisis Value Chain. Pada fase selanjutnya digambarkan pula hubungan antara proses bisnis dengan unit organisasi yang nantinya akan menjadi awal pengembangan arsitektur sistem informasi dan arsitektur teknologi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah blue print perancangan arsitektur enterprise dan perencanaan migrasi dari keadaan arsitektur enterprise saat ini ke arsitektur enterprise yang dihasilkan pada penelitian ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Togaf ADM, Value Chain, arsitektur, enterprise, sistem informasi
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53865

Actions (login required)

View Item View Item