Analisa Dan Perancangan Model Umum Enterprise Architecture Untuk E-Business Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dengan Menggunakan Framework Togaf ADM

Fauzi, Ali (2017) Analisa Dan Perancangan Model Umum Enterprise Architecture Untuk E-Business Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Dengan Menggunakan Framework Togaf ADM.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Seiring dengan ketatnya persaingan bisnis UMKM di era teknologi saat ini membuat para pelaku UMKM harus berupaya lebih keras dalam meningkatkan keuntungan, meningkatkan kualitas produk dan layanan, memperluas pangsa pasar dan memelihara loyalitas pelanggan. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh UMKM adalah dengan meningkatkan efisiensi dan efektifitas pada proses bisnis UMKM itu sendiri melalui penerapan teknologi informasi yang dapat membantu UMKM dalam menjalankan bisnisnya. Untuk mewujudkan proses bisnis yang berkesinambungan maka dibutuhkan suatu keselarasan antara proses bisnis dan teknologi yang mampu dapat mendukung, meningkatkan, mengubah atau bahkan menemukan suatu bisnis proses atau sistem bisnis dalam menciptakan nilai lebih bagi pelanggan baru maupun pelanggan eksisting atau lebih dikenal sebagai konsep e-Business. Sesuai dengan dilakukannya penerapan konsep e-Business terhadap beberapa UMKM maka diusulkan suatu model umum arsitektur enterprise yang dapat digunakan oleh UMKM (produksi barang, penyedia jasa dan penjualan barang) dengan cara menerapkan konsep e-Business, penggunaan kerangka kerja TOGAF ADM, penerapan value chain analysis, penggunaan aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) dan Customer Relationship Management (CRM) serta pemanfaatan teknologi cloud computing. Dengan harapan perancangan model tersebut dapat dijadikan acuan bagi seluruh jenis UMKM yang ingin menerapkan sistem informasi berbasis konsep e-Business.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UMKM, e-Business, Arsitektur Enterprise, TOGAF ADM
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53867

Actions (login required)

View Item View Item