Robot Otomatis Penghindar Rintangan Dan Pencari Target Berupa Api

Suherman, Aan (2017) Robot Otomatis Penghindar Rintangan Dan Pencari Target Berupa Api. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Robot Penghindar Rintangan dan Pencari Target Berupa Api merupakan salah satu jenis mobile robot yang memiliki kemampuan mencari target berupa api dengan cara menelusuri dinding. Untuk sistem navigasi robot ini menggunakan navigasi wall following. Navigasi wall following adalah salah satu algoritma untuk menyediakan orientasi navigasi kepada robot dengan menyusuri dinding. Cara kerjanya adalah dengan mengatur jarak dinding dengan robot. Jika terjadi perubahan, maka robot akan bergerak untuk kemudian menyesuaikan jaraknya kembali. Robot ini terdiri dari beberapa komponen utama untuk mendukung robot ketika melakukan navigasi menelusuri dinding untuk mencapai target berupa api. Robot ini terdiri dari satu buah flame sensor yang ditempatkan di bagian depan yang berfungsi sebagai pendeteksi target berupa api. Selain flame sensor terdapat tiga buah sensor ultrasonik yang ditempatkan di bagian kiri, depan, dan kanan robot. Tiga buah sensor ultrasonik ini berfungsi sebagai pendeteksi dinding. Berdasarkan pengujian dan analisa didapatkan persentase keberhasilan robot mencapai target berupa api untuk telusur kanan di ruang II sebesar 100%, di ruang III 70%, di ruang IV 70%. Sedangkan metode telusur kiri persentase keberhasilan di ruang II sebesar 60%, di ruang III 70%, di ruang IV 100%. Persentase keberhasilan rata-rata robot mencapai target dengan metode telusur kanan 80% dan kiri 76,667%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Navigasi wall following, robot penghindar rintangan, mobile robot, robot pencari target berupa api.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53869

Actions (login required)

View Item View Item