Aplikasi Android Untuk Memonitoring Kesehatan Jantung Menggunakan Analisa Jantung Menggunakan Analisa Elektrokardiografi (EKG) Dengan Komunikasi Bluetooth

Fajar Dwi Riyan, Iqbal (2017) Aplikasi Android Untuk Memonitoring Kesehatan Jantung Menggunakan Analisa Jantung Menggunakan Analisa Elektrokardiografi (EKG) Dengan Komunikasi Bluetooth.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Elektrokardiografi (EKG) adalah sinyal-sinyal elektrik yang dihasilkan tubuh akibat kinerja jantung dan direkam menggunakan perangkat EKG. Sinyal yang terdeteksi pada permukaan kulit sangat rendah yaitu dalam range milliVolt, sehingga perlu dikuatkan dengan sebuah rangkaian differensial amplifier. Dan pada umumnya, hasil rekaman sinyal EKG ditampilkan pada layar LCD atau CRT karena ditempatkan dalam satu ruangan. Pada tugas akhir ini dirancang sebuah perangkat telemonitoring EKG dengan memanfaatkan sebuah smartphone Android sebagai media hasil tampilan rekaman. Perangkat ini memiliki penguatan total 1397 kali dengan bandwith frekuensi rangkaian bandpass filter yang diloloskan sebesar 0.05 sampai 106 Hz. Media komunikasi antara perangkat EKG dan smartphone Android menggunakan Bluetooth, dengan kemampuan maksimum jarak monitoring EKG tanpa halangan sejauh 10 meter dan terdapat halangan kurang dari 10 meter. Selain menampilkan hasil rekaman sinyal EKG, perangkat ini mampu menampilkan detak jantung seseorang dengan error penghitungan sebesar 2 beat, dan error akan bertambah jika orang tersebut melakukan banyak pergerakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Elektrokardiografi (EKG), Bluetooth, Aplikasi Smarthphone Android.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Elektro (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53870

Actions (login required)

View Item View Item