Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 9 Tahun 2004 Tentang Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Seqa (RUSUNAWA)

Fauzia Ikhsandi, Randy (2017) Implementasi Kebijakan Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 9 Tahun 2004 Tentang Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Seqa (RUSUNAWA).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Cimahi sebagai Kota yang padat penduduk memiliki permasalahan perumahan layak khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Kota Cimahi sudah memiliki tiga Rusunawa yang berlokasi di Leuwigajah, Cigugur Tengah dan Melong dan memiliki Perda khusus yang mengatur tentang pengelolaan Rusunawa yaitu Peraturan Daerah Kota Cimahi Nomor 9 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), tetapi pada kenyataannya implementasi akan Perda tersebut belum sepenuhnya berhasil dikarenakan banyak terjadi permasalahan di lapangan seperti masalah komunikasi, sumberdaya, sikap aparatur dan struktur birokrasi yang menghambat akan keberhasilan Implementasi Perda tersebut. Studi mengenai implementasi kebijakan ini mengacu pada teori Implementasi kebijakan menurut Edward III dimana, keberhasilan pelaksanaan kebijakan dilihat berdasarkan pada komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Untuk melihat keberhasilan pelaksanaan kebijakan tentang pengelolaan Rusunawa di Kota Cimahi maka penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pustaka, observasi pada lokasi penelitian yaitu di Dinas Pekerjaan Umum Kota Cimahi, UPTD Rusunawa dan Rusunawa dan melakukan wawancara terhadap 15 narasumber sebagai perwakilan penghuni Rusunawa Leuwigajah juga 6 narasumber dari aparatur pelaksana kebijakan.Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisa data yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkan keadaan yang nyata. Penelitian dimaksudkan untuk memberi gambaran tentang implemenrasi kebijakan Peraturan Daerah Kota Cimahi tentang Rusunawa Leuwigajah, serta mendeskripsikan sejumlah konsep yang berkenaan dengan masalah di Rusunawa Leuwigajah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan Perda ini masih terdapat banyak permasalahan yang terjadi di lapangan, dari segi komunikasi yaitu penyampaian informasi, sumberdaya manusia, sumberdaya fasilitas, insentif dan struktur birokrasi dalam implementasi kebijakan Perda ini belum berjalan optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Rusunawa, Kota Cimahi, Edwards III
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53872

Actions (login required)

View Item View Item