Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pada Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah

Rezky R, Liska (2017) Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pada Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada BPKA Kota Bandung. Fenomena yang masih terjadi tentang kualitas sumberdaya manusia terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yaitu dalam menyajikan laporan keuangan ini memang dibutuhkan SDM yang memahami tata cara laporan keuangan tentang transaksi akuntansi secara utuh belum maksimalnya kualitas SDM ini tercermin dari adanya masalah dalam laporan penyusutan yang tersaji di LO dan akumulasi penyusutan di neraca. serta fenomena sistem pengendalian intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah yaitu Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern (SPI) yang belum memadai, Belum adanya SOP, belum memadainya Aplikasi sistem informasi sewa tanah yang digunakan tidakdapat menghasilkan data yang akurat untuk dasar penyajian di laporan keuangan dan kurangnya Kebijakan dan sistem akuntansi persediaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas sumberdaya manusia dan Sistem Pengendalian Intern terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk menggambarkan variabel kualitas sumberdaya manusia, Sistem Pengendalian Intern dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Serta penelitian verifikatif untuk membuktikan hipotesis pada tujuan penelitian dengan menggunakan alat uji PLS. Unit penelitian ini adalah BPKA Kota Bandung. Teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh karena jumlah populasi dan sampel sama yang terdiri dari 40 responden. Pengujian statistik yang digunakan adalah merancang model struktural, merancang model pengukuran, dan mengkontruksi diagram jalur. Uji kecocokan model struktural dan hipotesis menggunakan SmartPLS v.3.2.6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas sumberdaya manusia berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah dan Sistem Pengendalian Intern berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Bandung.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas SDM, Penerapan SPI dan Kualitas LKPD
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53880

Actions (login required)

View Item View Item