Pengaruh Pengawasan Intern Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Survei Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung)

Baldi, Geri (2017) Pengaruh Pengawasan Intern Dan Kejelasan Sasaran Anggaran Terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Survei Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada SKPD Kota Bandung. Fenomena yang masih terjadi tentang Pengawasan Intern terhadap Kinerja Pemerintah Daerah yaitu DPRD mensinyalir, umur kebanyakan jalan di Kota Bandung hanya enam bulan pasca pembangunan maupun pemeliharaan. Hal itu disebabkan kurangnya pengawasan, dan lemahnya pembagian tanggungjawaban di instansi. Fenomena Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Kinerja Pemerintah Daerah yaitu masih banyak dana-dana yang tidak teralokasikan sesuai dengan tempatnya. Berdasarkan audit BPK Provinsi Jawa Barat pada tahun 2014, sebesar 40% atau mencapai 2,4 terliun pengguna anggaran belum tepat sasaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Pengawasan Intern dan Kejelasan Sasaran Anggaran terhadap Kinerja Pemerintah Daerah Kota Bandung. Jenis penelitian ini terdiri dari penelitian deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan Pengawasan Intern, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Kinerja Pemerintah Daerah. Serta penelitian verifikatif untuk membuktikan hipotesis pada tujuan penelitian dengan menggunakan alat uji PLS. Unit penelitian ini adalah SKPD Kota Bandung. Teknik penarikan sampel menggunakan sampling jenuh karena jumlah populasi dan sampel sama yaitu pada 25 SKPD dengan responden yang terdiri dari 2 responden yaitu Kepala bagian dan Kasubag Anggaran. Metode penelitian ini yaitu Deskriptif dan Verifikatif. Secara deskriptif menjelaskan Pengawasan Intern berjalan dengan baik, Kejelasan Sasaran Anggaran cukup Kinerja Pemerintah Daerah baik. Secara verifikatif menunjukan bahwa Pengawasan Intern berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah dengan kriteria yang sedang dan Kejelasan Sasaran Anggaran berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Pemerintah Daerah dengan kriteria yang Tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengawasan Intern, KSA dan Kinerja Pemerintah Daerah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53890

Actions (login required)

View Item View Item