Manajemen Layanan Donatur Pada Yayasan Mizan Amanah Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM)

Mulyawati, Fadillah (2017) Manajemen Layanan Donatur Pada Yayasan Mizan Amanah Menggunakan Pendekatan Customer Relationship Management (CRM).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Yayasan Mizan Amanah merupakan sebuah lembaga sosial kemanusiaan yang fokus pada program pendidikan dan pemberdayaan anak yatim dan kaum dhuafa. Layanan penawaran jenis donasi yang dilakukan secara singkat oleh Yayasan Mizan Amanah menyebabkan calon donatur kurang tertarik dan tidak mendapatkan informasi jenis donasi yang ada di Yayasan Mizan Amanah secara maksimal. Donatur yang tidak dikelompokkan menyebabkan layanan yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan donatur sehingga terjadi penurunan jumlah donatur dan transaksi donasi yang dapat dilihat dari data donasi satu tahun terhitung dari bulan Mei 2014-Mei 2015 dan berdampak kepada kekurangan dana sebesar 69% dari total kebutuhan pendanaan anggaran yayasan. Permasalahan yang terjadi pada Yayasan Mizan Amanah, pemecahan solusinya adalah bagaimana manajemen layanan dengan menggunakan pendekatan Customer Relationship Management (CRM). Manajemen layanan ini menggunakan segmentasi perilaku berdasarkan tingkat berdonasi donatur dan disegmentasikan menggunakan nilai rata-rata (mean). Pendekatan CRM menggunakan dynamic framework CRM dengan tahapan yaitu relationship phase, dynamic relationship management, customer information type. Hasil pengujian black box dan pengujian beta yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem yang dibangun telah dapat membantu Manager Fundraising dalam hal memutuskan rekomendasi jenis donasi untuk donatur dan membantu mengelompokkan donatur untuk diberikan layanan rekomendasi jenis donasi berdasarkan kelompok donatur.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Customer Relationship Management (CRM),Segmentasi Perilaku, Dynamic Framework Customer Relationship Management (CRM), Manajemen Layanan, Donatur.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53924

Actions (login required)

View Item View Item