Kualitas Pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung (Studi Kasus Penyelanggaan Izin Mendirikan Bangunan)

Muhit, Abdul (2017) Kualitas Pelayanan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung (Studi Kasus Penyelanggaan Izin Mendirikan Bangunan).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penyelenggaraan pelayanan perizinan merupakan salah satu perwujudan dari fungsi aparatur negara sebagai abdi masyarakat dan abdi negara. Namun dalam pelaksanaannya terdapat kendala-kendala yang muncul dalam penyelenggaraan pelayanan perizinan. Kendala-kendala tersebut yaitu masyarakat yang tidak mendaftarkan kegiatan-kegiatan yang bersifat komersil semacam penyelenggaraan izin mendirikan bangunan, dikarenakan penyelenggaraan pelayanan perizinan cenderung berbelit-belit serta memerlukan waktu yang panjang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah total quality service yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono. Menurut Fandy Tjiptono untuk mengetahui kualitas pelayanan dapat dilakukan melalui empat faktor meliputi strategi, sistem, sumberdaya manusia, dan tujuan keseluruhan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik penentuan informan untuk aparatur menggunakan teknik purposive sampling, dan untuk masyarakat menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi non partisipan, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan perizinan penyelenggaraan izin mendriikan bangunan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Bandung sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dapat terlihat dari strategi, sistem, sumberdaya manusia, dan tujuan keseluruhan pelayanan perizinan yang diberikan oleh aparatur kepada masyarakat dilaksanakan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku meliputi prosedur, syarat, waktu dan biaya perizinan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Kualitas, Perizinan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Pemerintahan > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53929

Actions (login required)

View Item View Item