Analisa Bahasa Rupa Representasi Gender Dalam Botol Parfum

Jogatama Purhita, Edy (2017) Analisa Bahasa Rupa Representasi Gender Dalam Botol Parfum.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Produk atau Merek parfum mengasosiasikan citranya dengan stereotip peran gender tertentu dalam benak konsumen. Hal ini dikaitkan dengan citra dan identitas gender laki-laki (maskulin) atau perempuan (feminin). Dalam kemasan maupun botol parfum diberikan gambaran identitas dan karakter gender sehingga merepresentasikan gender tertentu. Botol parfum merepresentasikan karakter parfum isinya serta karakter penggunanya, dalam kaitan ini karakter gender penggunanya, sehingga perwujudan visual botol parfum dapat dimaknai menjadi tanda gender bagi konsumen parfum. Analisa Bahasa rupa mampu mengungkap cerita dibalik perwujudan botol parfum. Isi wimba dapat menggunakan acuan obyek yang terkait dengan gender (jenis kelamin). Hal tersebut terkait dengan representasi gender ataupun karakteristik gender dari pengguna parfumnya. Cara penggambaran obyek acuan (isi wimba) dalam bahasa rupa dikenal sebagai Cara Wimba. Objek acuan digambarkan menjadi wujud botol parfum dengan cara wimba. Dari topik bahasa rupanya dapat ditangkap cerita dibalik perwujudan botol parfum. Makna yang ditangkap akan diperluas dengan mengungkap cerita-cerita terkait gender.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: botol parfum, bahasa rupa, semiotika, desain, kemasan
Subjects: S2 Thesis > Magister Desain > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53948

Actions (login required)

View Item View Item