Bandung Blind School Tema Architecture With Sense

Muhammad Irfani, Hilmi (2017) Bandung Blind School Tema Architecture With Sense.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pendidikan memegang peranan penting dalam perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik para siswa, pendidikan terdiri atas beberapa jenis yaitu pendidikan umum, kejuruan, akademik, profesi kegamaan, dan pendidikan khusus. Pendidikan khusus diselenggarakan di sekolah khusus dengan menggunakan kurikulum tambahan, pendidikan khusus merupakan pendidikan yang diberikan kepada anak didik yang memiliki kesulitan dalam mengikuti proses pembelajaran karena memiliki kelainan, baik itu kelainan mental ataupun fisik. Diantara banyaknya anak dengan cacat fisik, disabilitas netra adalah penyandang disabilitas terbanyak diantara cacat fisik yang lain, sementara sekolah khusus disabilitas netra saat ini tidak mencukupi jumlah siswa penyandang disabilitas netra. Perencanaan Sekolah Khusus Difabel Netra, membuka kesempatan bagi mereka anak disabilitas netra yang tidak mendapatkan kesempatan untuk sekolah, dengan adanya sekolah khusus penyandang disabilitas netra tidak lagi mendapatkan kesulitan dalam proses pembelajaran. Saat ini �±5.000 anak disabilitas netra di Indonesia menjalani pendidikan non-formal, diantaranya homeschooling, private-les, dan lainnya, sementara mereka tidak bersosialisasi dengn dunia luar, dan kebanyakan dari mereka adalah berasal dari keluarga dengan ekonomi yang baik, alasan mengapa mereka tidak di sekolahkan di sekolah tunanetra adalah, anggapan mereka selama ini sekolah tersebut sebagai tempat rehabilitasi dan tempat penampungan, anggapan seperti itu harus dihilangkan dalam pandangan masyarakat luas, perancangan Bandung Blind School ini mencoba menaikkan derajat sekolah disabilitas ke level high-class, dengan mengutamakan konsep perancangan sensori pada desain perancangan, diantaranya adalah penerapan konsep taktil pada bangunan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Khusus, Kurikulum ,
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Arsitektur > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Arsitektur (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53958

Actions (login required)

View Item View Item