Pemodelan Pendukung Keputusan Berbasis Kansei Engineering Menggunakan Analytical Hierarchy Process Dan Tool Priest Studi Kasus: Pengembangan Intellectual Property Berbasis Transmedia Storytelling

Aherliwan Rudawan, Rikman (2017) Pemodelan Pendukung Keputusan Berbasis Kansei Engineering Menggunakan Analytical Hierarchy Process Dan Tool Priest Studi Kasus: Pengembangan Intellectual Property Berbasis Transmedia Storytelling.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pertumbuhan pelaku industri kreatif yang berkaitan dengan pengembangan Intellectual Property (IP) berbasis Transmedia Storytelling mengalami peningkatan sebanyak 0.3 ~ 2.8% atau sekitar 150 ribu pelaku Industri Kreatif. Namun pertumbuhan tersebut tidak diimbangi dengan kualitas IP yang dihasilkan. Beberapa developer yang bergerak di industri kreatif bahkan cenderung mengalami kerugian karena produk yang mereka hasilkan tidak laku di pasaran. Mengingat proses pengembangan IP berbasis Transmedia Storytelling membutuhkan biaya yang cukup besar dan waktu yang tidak sedikit, diperlukan sebuah model yang dapat dijadikan alat bantu pengukuran potensi sebuah IP sebelum dikembangkan. Karena hal ini dapat digunakan untuk mengurangi risiko kerugian developer. Ada pun penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah model pendukung keputusan yang mampu memberikan rekomendasi terhadap developer. Model keputusan ini dibangun dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang memiliki 3 kriteria utama yaitu kriteria bisnis, kriteria teknis dan kriteria emosi. Perincian sub kriteria dan bobot pada kriteria bisnis bersumber pada beragam analisis terkait perumusan karakteritik IP, genre populer serta skema penyebaran ke dalam berbagai media. Sementara untuk kriteria teknis, sub kriteria dan bobot bersumber pada hasil analisis elemen Transmedia Storytelling apa saja yang banyak digunakan pada 20 spesimen yang diteliti. Khusus untuk kriteria emosi, sub kriteria dan pembobotan bersumber pada hasil analisis Kansei Engineering (KE) yang dilakukan menggunakan 24 spesimen kepada 70 responden. Pengujian model pendukung keputusan ini dilakukan dengan menggunakan software PriEsT terhadap beberapa sampel spesimen yang dianggap mampu mewakili keseluruhan populasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model Pendukung Keputusan, Intellectual Property, Transmedia Storytelling, Kansei Engineering (KE), Analytical Hierarchy Process (AHP)
Subjects: S2 Thesis > Magister Sistem Informasi > 2016
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Perpustakaan UNIKOM
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53973

Actions (login required)

View Item View Item