Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pada PT Duta Transformasi Insani

Hutri Saputra Hakim, Agung (2017) Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Untuk Mengukur Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Pada PT Duta Transformasi Insani.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Perusahaan PT Duta Transformasi Insani merupakan perusahaan hasil merger dari dua lembaga pelatihan di lingkungan Daarut Tauhid yaitu Daarut Tauhid Traning Center (DTTC) dan LP2ES Learning Center. PT.Duta Transformasi Insani bergerak dalam bidang jasa untuk pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia), dan jasa event organizer. PT Duta Transformasi Insani berupaya memberikan jasa layanan yang terbaik dan memuaskan bagi pelanggan. Dengan adanya kualitas jasa layanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan kepuasan bagi para pelanggan. Dari hasil survey kepuasan pelanggan yang dilakukan terdapat keluhan pelanggan mengenai jasa layanan diantaranya keluhan ketepatan waktu acara pelatihan, pemeliharaan sarana masih kurang bersih, kurangnya persiapan akomodasi, dll.Upaya mempertahankan dan memperbaiki kualitas jasa layanan yang dilakukan perusahaan dengan menggunakan indikator survey kepuasan pelanggan yang dirasa kurang memuaskan atas kualitas jasa layanan yang telah diterima pelanggan. Namun, survey kepuasan pelanggan yang dilakukan perusahaan saat ini masih berdasarkan pada hasil kinerja jasa layanan yang diterima pelanggan, sementara dari ekspektasi pelanggan tidak dilakukan penilaian dari setiap indikator survey kepuasan pelanggan atas kualitas jasa layanan program pelatihan dan jasa event organizer.erdasarkan hasil pengujian Blackbox dan pengujian Beta yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa secara fungsional seluruh proses pada penerapan customer relationship management (CRM) untuk mengukur kepuasan pelanggan terhadap pelayanan pada PT Duta Transformasi Insani sudah sesuai dengan yang diharapkan dan dapat membantu pihak perusahaan dalam mengelola survey kepuasan pelanggan, memudahkan karyawan dalam mengetahui kualitas jasa layanan di PT Duta Transformasi Insani.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Kepuasan Pelanggan, Metode Servqual, Kualitas Pelayanan, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangible.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53981

Actions (login required)

View Item View Item