Pembangunan Aplikasi Media Promosi Cagar Buadaya Bekasi Menggunakan Augmented Reality Studi Kasus Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Bekasi

Fadjri Adhi Hutomo, Muhammad (2017) Pembangunan Aplikasi Media Promosi Cagar Buadaya Bekasi Menggunakan Augmented Reality Studi Kasus Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Bekasi.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa benda, bangunan, struktur, situs dan kawasan cagar budaya yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan atau kebudayaan melalui proses penetapan. Kabupaten Bekasi memiliki bangunan dan situs cagar budaya yang telah ditetapkan. Dari hasil data Disparbudpora Kabupaten Bekasi jumlah pengunjung di tiap-tiap cagar budaya menurun pertahunnya, hal ini yang menjadi alasan Pemerintah Kabupaten Bekasi ingin mensosialisasikan cagar budaya di berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Disparbudpora. Pengetahuan masyarakat Bekasi sendiri pun kurang tentang cagar budaya hal ini diperkuat 73,6% bahwa masyarakat tidak mengetahui informasi cagar budaya dan sejarahnya. Aplikasi media promosi merupakan sebuah media teknologi untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk dan sebagainya. Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality baik pengunjung dapat mengetahui informasi dan sejarah cagar budaya Kabupaten Bekasi. Pengunjung dapat menggunakan aplikasi dengan mengarahkan kamera ke marker (peta kabupaten bekasi) untuk melihat letak, bentuk visual dan informasi dari seluruh cagar budaya yang ada di Kabupaten Bekasi. Berdasarkan pengujian alpha yang telah dilakukan (blackbox), maka dapat disimpulkan bahwa fungsional-fungsional yang terdapat pada aplikasi yang dibangun berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan tidak ada error atau bug pada aplikasi, juga berdasarkan pengujian beta aplikasi yang dibangun berhasil dalam mengenalkan cagar budaya Bekasi ke pengunjung cagar budaya Kabupaten Bekasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Cagar Budaya Bekasi, Sejarah, Objek 3D, Augmented Reality, Vuforia
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Informatika (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/53982

Actions (login required)

View Item View Item