Precursory Authorship Of "Harry Potter" In Pottersworld.Net Text-Based Role Playing Game

Larasita Latifa Dinar, Vicky (2017) Precursory Authorship Of "Harry Potter" In Pottersworld.Net Text-Based Role Playing Game.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian berjudul ��Precursory Authorship of ��Harry Potter�� in Pottersworld.net Text-Based Role Playing Game�� meneliti tentang masalah kepengarangan dalam RPG Pottersworld yang berbasis teks. Penulis bertujuan untuk mengetahui level dominan dari representasi naratif yang digunakan untuk membuat Pottersworld serta untuk mengetahui pengaruhnya. Penelitian ini ditujukan sebagai respon terhadap keberadaan alternate universe dalam dunia maya yang dibuat para pembaca berdasarkan buku Harry Potter karya J.K. Rowling. Penelitian ini menggunakan konsep-konsep sastra-siber oleh Piret Viires (2005) dan kepengarangan dalam permainan komputer dengan menggunakan gagasan Wolfgang Iser (1972), Harold Love (2002), dan Britta Neitzel (2005). Sastra-siber digunakan untuk menunjukkan konstruksi bentuk sastra dalam Pottersworld sebagai forum internet. Sementara itu, teori kepengarangan dalam permainan komputer digunakan untuk mengetahui proses tekstual dari pembacaan hingga penulisan kemudian interaksi dalam dunia maya. Data dikumpulkan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan direpresentasikan oleh gambargambar serta narasi. Penelitian ini mengungkapkan bahwa level dominan representasi naratif adalah desain plot, sebab level tersebut adalah desain paling interpretif yang disediakan para pembuat konten tersirat. Berdasarkan plot desain yang fleksibel, para pengarang tersirat lebih banyak berkontribusi dalam menjelajahi dunia permainan dan dalam memperluas imajinasi mereka untuk dapat membuat perkembangan karakter. Meski demikian, plot desain masih dikonstruksi oleh peraturan forum yang membatasi mereka dengan pola siklik yang mengharuskan para pemain untuk mempertahankan plot forum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: desain plot, kepengarangan, permainan komputer, RPG berbasis teks, sastra-siber
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Inggris > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Inggris (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54013

Actions (login required)

View Item View Item