Analisis Aspek Sosiologi Pengarang Dalam Unsur Intrinsik Novel Nijuushi No Hitomi Karya Sakae Tsuboi (Kajian Sosiologi Sastra)

Legi Lestari, Miuri (2017) Analisis Aspek Sosiologi Pengarang Dalam Unsur Intrinsik Novel Nijuushi No Hitomi Karya Sakae Tsuboi (Kajian Sosiologi Sastra).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Novel merupakan alat untuk mengekspresikan perasaan pengarangnya. Karena pengarang adalah bagian dari anggota masyarakat, maka apa yang di gambarkan dalam cerita novel pun seringkali merupakan cerminan baik dari kehidupan pengarang maupun masyarakat, sehingga terdapat hubungan antara novel dan kehidupan pengarang. Dengan kata lain, pengarang dan karyanya merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Novel Nijuushi No Hitomi merupakan salah satu novel yang menarik untuk di teliti dengan menggunakan pendekatan sosiologi sastra, khususnya sosiologi pengarang, karena penulis menilai terdapat hubungan antara unsur intrinsik dan aspek sosiologi pengarang novel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan antara novel Nijuushi No Hitomi dan aspek sosiologi Sakae Tsuboi sebagai pengarangnya. Objek penelitiannya berupa 37 kutipan narasi dan dialog dalam novel yang dianggap memiliki hubungan dengan aspek sosiologi pengarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis berdasarkan teori sosiologi pengarang oleh Wellek & Warren (1994) dan Ian Watt (1964). Hasil dari penelitian ini adalah aspek sosiologi pengarang memiliki hubungan berupa kemiripan dengan unsur instrinsik dalam novel. Unsur intrinsik yang memiliki hubungan dengan aspek sosiologi pengarang tersebut adalah tema, penokohan, latar, gaya bahasa dan moral.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: novel, sosiologi pengarang, unsur intrinsik
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54021

Actions (login required)

View Item View Item