Analisis Penokohan Tokoh Utama Ishigami Dalam Novel Yougisya X No Kenshin Karya Keigo Higashino (Psikoanalisis Carl Gustav Jung)

Novia Santosa, Maya (2017) Analisis Penokohan Tokoh Utama Ishigami Dalam Novel Yougisya X No Kenshin Karya Keigo Higashino (Psikoanalisis Carl Gustav Jung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Salah satu karya sastra yang menampilkan aspek kejiwaan melalui tokohtokohnya adalah novel. Novel merupakan karangan prosa yang panjang dan mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya yang menonjolkan watak dan sifat-sifat setiap pelaku. Novel selalu berkaitan dengan psikologi karena di dalamnya terdapat karakter dan kepribadian yang berbeda-beda. Kepribadian tersebut dapat diamati dengan menggunakan kajian psikologi sastra. Yougisya X No Kenshin merupakan salah satu novel yang menarik untuk di teliti dengan menggunakan kajian psikologi sastra teori psikoanalisis dari Carl Gustav Jung, karena di dalamnya terdapat karakter yang menarik untuk dikaji menggunakan teori psikoanalis. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah unutk mengetahui bagaimana karakter dari tokoh utama dan bagaimana latar belakang dari aksi yang telah dilakukan oleh tokoh utama berupa tindakan membantu membuang mayat dan melakukan pembunuhan lain. Tujuan dari pemilihan novel Yougisya X No Kenshin ini adalah adanya karakter dari tokoh utama yang menarik untuk di teliti. Tujuan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis sebagai metode pengumpulan data. Objek penelitiannya berupa 22 kutipan dalam bentuk dialog dan narasi yang dianggap memiliki hubungan dengan penokohan tokoh utama Ishigami yang diasumsikan sebagai cerminan kehidupan yang terlampir dalam novel Yougisya X No Kenshin karya Keigo Higashino. Hasil penelitian ini mendeskripsikan karakter tokoh utama dengan menggunakan aspek sikap jiwa dan latar belakang dari aksi yang telah dilakukan oleh tokoh utama berupa tindakan membantu membuang mayat dan melakukan pembunuhan lain berdasarkan struktur kepribadian dalam novel Yougisya X No Kenshin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Struktur Kepribadian, Psikologi Sastra, Carl Gustav Jung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54024

Actions (login required)

View Item View Item