Analisis Penokohan Tokoh Watanabe Toru Dan Nagasawa Ditinjau Dari Dampak Negatif Westernisasi Dalam Novel No Mori Karya Haruki Murakami (Kajian Sosilogi Sastra)

Lalitya Prasetyo, Kanyaka (2017) Analisis Penokohan Tokoh Watanabe Toru Dan Nagasawa Ditinjau Dari Dampak Negatif Westernisasi Dalam Novel No Mori Karya Haruki Murakami (Kajian Sosilogi Sastra).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Karya sastra adalah suatu seni yang menggambarkan imajinasi sang pengarang. Dalampenelitian sastra, salahsatupendekatan yangumumdipakai adalah pendekatan sosiologi karya sastra. Pendekatan sosiologi sastra menaruh perhatian pada aspek dokumenter sastra, dengan landasan suatu pandangan bahwa sastra merupakan gambaran fenomena sosial. Salah satu novel yang mengangkat fenomena sosial adalahnovelNoruweinoMori. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak negatif westernisasi yang dituliskan di dalam novel Noruwei no Mori, berdasarkan teori westernisasi yang dikemukakan oleh Samuel.P.Huntington. Objek penelitian yang digunakan adalah kutipan-kutipan berupa narasi dan dialog dalam novel Noruwei no Mori yang menggambarkanperilakutokohyangdipengaruhiolehdampaknegatifwesternisasi. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian berikut ini adalah metodologi deskriptif analisis yang banyak digunakan pada penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan suatu fenomena yang terjadi di masyarakat. Metode ini digunakan untuk menggambarkan suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulanyanglebihluas. Hasil dari penelitian ini adalah gambaran nyata dari pengarang yang menggambarkan keadaan sosial Jepang pada masa itu yang mengalami proses westernisasi dan diproyeksikan dalam bentuk penceritaan karakter tokoh Watanabe Toru dan Nagasawayangterpengaruholehdampaknegativedariwesternisasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: sosiologi,westernisasi,NoruweinoMori.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sastra > Sastra Jepang > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Sastra > Sastra Jepang (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54026

Actions (login required)

View Item View Item