Analisis Penentuan Interval Waktu Penggantian Komponen Kritis Sistem HVAC Menggunakan Metode Age Replacement Di PT. Sanbe Farma

Hardiyanti, Evy (2017) Analisis Penentuan Interval Waktu Penggantian Komponen Kritis Sistem HVAC Menggunakan Metode Age Replacement Di PT. Sanbe Farma.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maintenance merupakan suatu aktivitas yang dibutuhkan dalam menjaga dan mempertahankan kualitas suatu fasilitas (mesin, generator, turbin dan fasilitas pendukung lainnya) agar dalam kondisi selalu siap pakai dan handal. Maintenance dilakukan berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan, masing-maisng penjadwalkan ditentukan berdasarkan jenis fasilitas dan jenis-jenis kelemahannya. Apabila dalam rentang waktu yang cukup singkat, contohnya sebuah mesin atau sistem mengalami kerusakan, maka diperlukan sebuah cara untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu cara dalam program maintenance tersebut yaitu menggunakan model age replacement. Age replacement adalah selang waktu penggantian komponen dengan memperhatikan umur pemakaian dari komponen tersebut, dimana penggantiannya tidak mempengaruhi penggantian komponen lainnya. Objek penelitian yang dianalisis yaitu pada sistem HVAC (Heating, Ventilation, and Air Condition) di departemen engineering. Sistem HVAC memiliki peran sangat penting bagi berjalannya proses produksi obat, guna menunjang atau memenuhi suatu proses produksi dapat berjalan dengan lancar berdasarkan standar yang telah ditentukan. Apabila sistem HVAC memiliki kendala seperti mengalami kerusakan pada salah satu part, maka proses produksi pun akan terhambat dan akan mempengaruhi kualitas produk. Departemen tersebut memiliki kendala dalam kegiatan maintenance, khususnya untuk penentuan interval penggantian komponen dalam sistem HVAC. Departemen tersebut belum memiliki alasan yang kuat dalam menentukan penggantian sparepart. Komponen yang sifatnya critical selalu dijadwalkan penggantian per satu tahun sekali, rusak maupun tidak rusak komponen tersebut pasti diganti karena untuk penggantian komponen critical dilakukan berdasarkan manual book. Namun untuk komponen-komponen general dan consumable belum adanya alasan kuat untuk menentukan interval waktu penggantian, sehingga mereka selalu mengandalkan pengalaman saja. Model age replacement menghasilkan waktu (t) dan ongkos (Ctp) optimal penggantian pencegahan dari masing-masing komponen yaitu, komponen Miracle Flange dengan t = 15 hari dan Ctp = 9395,409/hari, FAN dengan t = 53 hari dan Ctp = 3383,011/hari, Magnehelic dengan t = 172 dan Ctp = 23075,273/hari, Liquid Line Filter Drier dengan t = 72 dan Ctp = 4019,299/hari.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Maintenance, Age Replacement.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54052

Actions (login required)

View Item View Item