Perancangan Permainan Simulasi Bisnis Sebagai Sarana Pembelajaran Manajerial Berbasis Aplikasi Dekstop

Annisa Anugrah, Suci (2017) Perancangan Permainan Simulasi Bisnis Sebagai Sarana Pembelajaran Manajerial Berbasis Aplikasi Dekstop.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Teknik Industri merupakan salah satu program studi di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Universitas Komputer Indonesia. Banyak matakuliah yang dijadikan perlombaan termasuk pembelajaran manajerial menggunakan simulasi bisnis berbasis desktop. Simulasi bisnis yang dilombakan mengenai manajerial yang berkaitan dengan Teknik Industri. Perancangan permainan simulasi ini pun dapat menjadi acuan dalam belajar berkompetisi di internal universitas sebelum ke tingkat yang lebih tinggi. Selain itu, dalam pembelajaran di kelas, simulasi dapat membuat mahasiswa melihat secara visual dalam memahami pelajaran. Permainan simulasi mampu membuat mahasiswa berpikir kritis bagaimana mencapai tujuan yang ada di permainan tersebut. Berdasarkan hal tersebut, dengan adanya permainan simulasi dapat membantu pembelajaran manajerial yang ada pada mata kuliah di Teknik Industri dan perancangan ini dapat menjadi pengalaman mahasiswa bagaimana menggunakan rancangan aplikasi permainan simulasi, memahami tentang parameter-parameter yang ada serta memahami kondisi ketika berkompetisi. Perancangan simulasi bisnis pada penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle. Perancangan dilakukan mulai dari perencanaan dan analisis berupa use case, diagram konteks, data flow diagram, diagram aktivitas, diagram sequence dan model konseptual. Selanjutnya adalah desain yang didalamnya terdapat perancangan model logis, model fisik, database, form dan report, dialogue dan interface. Lalu implementasi yang berupa pengujian dan pengkodingan. Perancangan ini terdiri 7 tabel yaitu tabel simulasi, tabel perusahaan, tabel skenario, tabel simulasi permainan, tabel supplier, tabel moda dan tabel iklan. Sedangkan form terdiri dari, form simulasi, form pendaftaran perusahaan, form skenario (untuk simulator), form simulasi permainan dan form hasil. Report yang digunakan hanya satu yaitu report hasil simulasi yang menghitung skor hasil simulasi. Rancangan query untuk informasi pada report yaitu query penjualan, query transaksi, query loyalitas dan query dana akhir. Kesimpulan dari hasil perancangan ini adalah rancangan skenario yang sesuai akan membuat mahasiswa berpikir kritis dalam memahami permainan. Pilihan alternatif yang tersedia dapat mengasah pengalaman mahasiswa dalam berkompetisi. Skor simulasi yang didapatkan membuat mahasiswa mempunyai jiwa kompetisi dan permainan yang dibuat untuk tim, membuat mahasiswa berdiskusi satu sama lain untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: System Development Life Cycle, Simulasi Bisnis, Permainan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54060

Actions (login required)

View Item View Item