Analisis Tingkat Kepuasaan Mahasiswa terhadap Fasilitas Kegiatan Akademik Menggunakan Metode Service Quality Di Universitas Komputer Indonesia

Rohmantara, Rezki (2017) Analisis Tingkat Kepuasaan Mahasiswa terhadap Fasilitas Kegiatan Akademik Menggunakan Metode Service Quality Di Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peningkatan kualitas jasa semakin mendapat banyak perhatian perusahaan. Dengan adanya peningkatan kualitas jasa yang baik maka akan menimbulkan loyalitas konsumen bahkan berkemungkinan besar untuk menarik konsumen baru. Kelangsungan hidup sebuah perusahaan bergantung pada kepuasan para konsumen dan kepuasan bisa tercipta apabila perusahaan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen.Penelitian i ni dilakukan dengan cara menyebar kuesioner secara 2 tahap yaitu kuesioner awal untuk mengetahui suara konsumen mengenai fasilitas kegiatan akademik serta kuesioner akhir yang disebar secara online untuk mengukur sejauh mana mahasiswa merasakan fasilitas kegiatan akademik yang diberikan dan mengukur seberapa penting fasilitas kegiatan tersebut. Kuesioner disebar ke setiap program studi yang ada di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Komputer Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode service quality yang menggunakan 5 dimensi service quality yaitu keandalan, daya tanggap, jaminan, empati serta bukti fisik. Penelitian ini difokuskan pada Gap 5 yaitu tentang jasa yang dipersepsikan dengan jasa yang diharapkan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa terdapat 20 pernyataan kebutuhan mengenai fasilitas kegiatan akademik. Setelah dilakukan pengukuran antara harapan dengan persepsi yang dirasakan masih terdapat kesenjangan atau ketidaksesuaian antara fasilitas kegiatan akademik yang diharapkan dengan fasilitas kegiatan yang diberikan. Apabila Universitas Komputer Indonesia meningkatkan pelayanan akan fasilitas kegiatan akademik, maka hal tersebut akan meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Universitas Komputer Indonesia. Peningkatan pelayanan fasilitas kegiatan akademik diantaranya adalah memperbaiki fasilitas yang rusak seperti infokus, AC, serta komputer yang rusak. Memperbaiki jaringan internet wifi dan menyediakan fasilitas yang belum ada yang dibutuhkan mahasiswa seperti pusat student center, pusat pengaduan mahasiswa terhadap pelayanan fasilitas kegiatan akademik serta halaman website bagi orang tua untuk memonitoring perkembangan akademik dan keuangan anaknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Fasilitas Kegiatan Akademik, Kepuasan, Kepentingan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54062

Actions (login required)

View Item View Item