Usulan Perbaikan Sistem Produksi E-Clip Menggunakan Pendekatan Lean Manufacture Untuk Mengindentifikasi Dan Meminimasi Pemborosan Di PT. Pindad (Persero) Bandung

Anam, Saeful (2017) Usulan Perbaikan Sistem Produksi E-Clip Menggunakan Pendekatan Lean Manufacture Untuk Mengindentifikasi Dan Meminimasi Pemborosan Di PT. Pindad (Persero) Bandung.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam melakukan suatu kegiatan produksi, tentunya perusahaan dituntut untuk bisa mengelola sumberdaya yang baik. Pengelolaan sumber daya yang baik, tentu harus diiringi dengan suatu kegiatan produksi yang baik pula. Namun terkadang sumber daya yang dimiliki menjadi kurang efektif dan efisien karena terjadinya pemborosan. Hal tersebut menimbulkan masalah dalam kegiatan produksi, sehingga perusahaan dituntut untuk melakukan evaluasi dan perbaikan secara terus menerus agar menghasilkan performansi kerja yang terbaik serta mampu meminimasi pemborosan yang terjadi. Metode yang digunakan untuk mereduksi pemborosan tersebut yaitu menggunakan value stream mapping yang digunakan untuk menjelaskan aliran material, informasi dan membantu mengidentifikasikan pemborosan dalam sistem. Selanjutnya metode 5 S dan 5 Why yang digunakan untuk mengetahui jenis pemborosan apa saja yang terjadi di lantai produksi dan seperti apa penyelesaian yang harus dilakukannya. Berdasarkan hasil penelitian di PT. PINDAD, maka terdapat 9 (20%) kegiatan yang merupakan pemborosan jenis persediaan, 12 (27%) kegiatan yang merupakan pemborosan jenis transportasi, 20 (44%) kegiatan yang merupakan pemborosan jenis gerakan, 1 (2%) kegiatan yang merupakan pemborosan jenis proses berlebih dan 3 (7%) kegiatan yang merupakan pemborosan jenis barang cacat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu menghasilkan usulan yang mungkin dapat diimplementasikan di perusahaan yaitu penambahan alat atau mesin, perbaikan metode, perbaikan layout lantai produksi, perbaikan jadwal inspeksi secara berkala serta pengawasan kinerja terhadap operator lebih ditingkatkan lagi. Selain itu, penerapan 5S juga bisa menciptakan lingkungan kerja menjadi terlihat lebih bersih, rapi, teratur dan tentunya diharapkan dapat meningkatkan performansi kinerja operator dan produktivitas perusahaan menjadi lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Lean Manufacture, Value Stream Mapping, Waste, 5 S, 5 Why.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Industri > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Industri (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54063

Actions (login required)

View Item View Item