Kemandirian Keuangan Daerah Berimplikasi Dengan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pedapatan Asli Daerah (Survei Pemerintahan Daerah Kabupaten /Kota di ProvinsiJawa Tengah 2014)

Sintia, Irma (2017) Kemandirian Keuangan Daerah Berimplikasi Dengan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap Pedapatan Asli Daerah (Survei Pemerintahan Daerah Kabupaten /Kota di ProvinsiJawa Tengah 2014).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Laju pertumbuhan ekonomi yang rendah menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat yang rendah. Dimana, tinggi rendahnya laju pertumbuhan ekonomi akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah, yang pada akhirnya akan berdampak terhadap kemandirian keuangan daerah. Adapun fenomena yang terjadi yaitu tingginya pertumbuhan ekonomi tidak diikuti tingginya penerimaan pendapatan asli daerah sehingga tingkat ketergantungan pemerintah daerah terhadap pemerintah pusat masih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap pendapatan asli daerah dan implikasinya terhadap kemandirian keuangan daerah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan pemerintah daerah pada 29 kabupaten dan 6 kota di Provinsi Jawa Tengah tahun 2014, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path anaysis) dengan bantuan software Statistical Product Service Solutions (SPSS) Versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan yang positif terhadap pendapatan asli daerah dan menjelaskan bahwa pendapatan asli daerah berpengaruh signifikan terhadap kemandirian keuangan daerah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Kemandirian Keuangan Daerah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54078

Actions (login required)

View Item View Item