Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Terhadap Belanja Modal (Studi Kasus Pemerintah Daerah Jawa Barat Periode Anggaran 2011-2015)

Ocsaent Firstian, Vq (2017) Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Terhadap Belanja Modal (Studi Kasus Pemerintah Daerah Jawa Barat Periode Anggaran 2011-2015).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Belanja Modal dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA). Terdapat beberapa fenomena di beberapa daerah di Jawa Barat yang menunjukan kenaikan PAD dan SiLPA tetapi tidak diikuti dengan kenaikan Belanja Modal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Modal dan Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran terhadap Belanja Modal di kabupaten dan kota di Jawa Barat pada periode 2011-2015. Metode penarikan sampel yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah metode purpossive sampling. Sehingga terpilihlah 35 sampel yang diambil dari 7 laporan keuangan dari beberapa kota. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dari Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat dengan periode observasi tahun 2011-2015 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Uji statistik menggunakan analisis regresi linier berganda setelah dilakukan uji asumsi klasik menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PAD memiliki pengaruh positif terhadap Belanja Modal, demikian juga dengan SiLPA yang memiliki pengaruh positif terhadap Belanja Modal. Hal ini mencerminkan bahwa apabila PAD meningkat, maka Belanja Modal juga akan ikut meningkat. Demikian pula dengan dengan peningkatan SiLPA, yang akan mempengaruhi peningkatan Belanja Modal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Asli Daerah (PAD), Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA), Belanja Modal
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54102

Actions (login required)

View Item View Item