Pengaruh Self Assessment System Dan Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Tri Handayani, Dini (2017) Pengaruh Self Assessment System Dan Penagihan Pajak Dengan Surat Teguran Terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pajak merupakan pendapatan negara yang cukup potensial untuk menunjang keberhasilan pembangunan nasional. Penerimaan perpajakan hingga Juni 2016 lebih rendah Rp 17,7 triliun dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Kepatuhan dari wajib pajak di Indonesia masih memprihatinkan yaitu 20 juta wajib pajak yang menyerahkan SPT-nya hanya 12,56 juta saja. Pelaksanaan penagihan pajak masih belum optimal, karena masih ada wajib pajak yang tidak mau membayar utang pajaknya meskipun telah diberikan Surat Teguran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar Self Assessment System yang diwujudkan dalam jumlah SPT Masa PPN dan Penagihan Pajak yang diwujudkan dalam Surat Teguran dapat mempengaruhi penerimaan PPN secara parsial. Data penelitian merupakan data sekunder berupa data tiap bulan dari jumlah SPT Masa PPN dan Surat Teguran serta penerimaan PPN selama 60 bulan. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Model ini dilakukan dengan menggunakan software SPSS dan bertujuan untuk membuktikan hubungan dari variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Self Assessment System memberikan pengaruh terhadap Penerimaan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dengan hubungan positif yang sedang. Surat teguran juga memberikan pengaruh terhadap penerimaan PPN dengan hubungan yang sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self Assessment System, SPT Masa, Penagihan Pajak, Surat Teguran, Penerimaan PPN.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54105

Actions (login required)

View Item View Item