Pengaruh Teknologi Informasi Dan Persepsi Kebermanfaatan Terhadap Penggunaan E-Filling (Studi Kasus Pada Wajib Pajak di Universitas Komputer Indonesia)

Nugraha, Aditya (2017) Pengaruh Teknologi Informasi Dan Persepsi Kebermanfaatan Terhadap Penggunaan E-Filling (Studi Kasus Pada Wajib Pajak di Universitas Komputer Indonesia).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Modernisasi pajak melalui pelayanan perpajakan berbasis teknologi informasi yang tepat guna merupakan salah satu solusi yang tidak hanya dapat memberikan pelayanan yang cepat, berkualitas, dan handal melainkan juga mendukung terciptanya penyederhanaan sistem perpajakan dan membantu terwujudnya good governance. Efiling merupakan cara penyampaian surat pemberitahuan (SPT) melalui sistem online dan real time. Penggunaan e-filing ini dilakukan bertujuan agar Wajib Pajak memperoleh kemudahan dalam memenuhi kewajibannya, sehingga pemenuhan kewajiban perpajakan dapat lebih mudah dilaksanakan dan tujuan untuk menciptakan administrasi perpajakan yang lebih tertib dan transparan dapat dicapai. Fenomena terjadi pada Wajib Pajak di Universitas Komputer Indonesia adalah masih banyak keluhan wajib pajak yang enggan menggunakan E-filing terutama masalah informasi yang dihasilkan belum akurat dan belum optimal dalam produktivitas pengisiannya. Berdasarkan fenomena tersebut tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pengaruh teknologi informasi dan persepsi kebermanfaatan terhadap penggunaan E-filing. penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan inferensial. Sampel yang digunakan sebanyak 67 orang wajib pajak pengguna E-filing di Universitas Komputer Indonesia Bandung dengan teknik simple random sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM-PLS. Hasil menunjukan bahwa Teknologi Informasi berpengaruh signifikan terhadap Penggunaan E-filling, dengan pengaruh sebesar 11.42%. Selain itu, pengaruh Persepsi Kebermanfaatan juga memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Penggunaan E-filing, dengan besar pengaruh sebesar 19.53%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknologi Informasi, Persepsi Kebermanfaatan, Penggunaan E-filing, Good Governance
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54141

Actions (login required)

View Item View Item