Implementasi Kemauan Membayar Pajak Melalui Pengetahuan Peraturan Perpajakan Pelayanan Fiskus Dan Kesadaran Membayar Pajak (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi KPP Pratama Bandung Bojonagara)

Widya Payungallo, Oktavia (2017) Implementasi Kemauan Membayar Pajak Melalui Pengetahuan Peraturan Perpajakan Pelayanan Fiskus Dan Kesadaran Membayar Pajak (Survei Pada Wajib Pajak Orang Pribadi KPP Pratama Bandung Bojonagara).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Usaha ekstensifikasi dan intensifikasi pajak merupakan cara yang dilakukan oleh pemerintah dalam rangka meningkatkan penerimaan negara secara mandiri. Hal ini tidak mudah, karena dituntut peran aktif dari petugas pajak, juga kesadaran dan kemauan dari wajib pajak itu sendiri. Kurangnya kemauan masyarakat membayar pajak tidak lepas dari minimnya pengetahuan peraturan perpajakan yang dimiliki oleh wajib pajak. Sikap wajib pajak menganggap bahwa pajak merupakan pengeluaran yang siasia. Hal ini merupakan salah satu faktor yang menghambat dan mengurangi kesadaran wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh pengetahuan peraturan perpajakan, pelayanan fiskus dan kesadaran membayar pajak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif menggunakan alat uji SEM PLS. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Teknik penarikan sampel menggunakan metode Stratified random sampling. Sampel sebanyak 100 wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bandung Bojonagara. Metode analisis menggunakan analisis jalur dengan melakukan pengujian hipotesis (uji-t). Hasil penelitian ini menunjukan (1) Kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh pengetahuan peraturan perpajakan (2) Kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh pelayanan fiskus (3) Kemauan membayar pajak dipengaruhi oleh kesadaran membayar pajak pada KPP Pratama Bandung Bojonagara.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemauan Membayar Pajak, Pengetahuian Peraturan Perpajakan, Pelayanan Fiskus, Kesadaran Membayar Pajak
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54153

Actions (login required)

View Item View Item