Evaluasi Kapasitas Penampang & Angkutan Sedimen Pada Saluran Drainase Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan Dengan Menggunakan Program HEC-RAS

Orlando Limbong, Andi (2017) Evaluasi Kapasitas Penampang & Angkutan Sedimen Pada Saluran Drainase Kota Banjar Baru Kalimantan Selatan Dengan Menggunakan Program HEC-RAS.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Fenomena banjir yang terjadi pada kawasan perkotaan menjadi salah satu bencana yang paling sering terjadi. Hal ini dikarenakan daerah perkotaan tersebut mengalami perubahan tata guna lahan yang cukup signifikan dari lahan hijau menjadi kawasan pemukiman sehingga kurangnya resapan ke dalam tanah. Saat ketika hujan, air yang seharusnya teresap akan menjadi limpasan di permukaan yang akan menambah beban saluran. Selain itu juga adanya sedimentasi yang menyebabkan kapasitas saluran menjadi berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan permasalahan penampang sungai dan sedimentasi di sungai kemuning Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Pemodelan dilukakan dengan menggunakan program HEC-HMS 3.5 untuk mendapatkan hidrograf debit banjir rencana dan program HEC-RAS 5.0.3 untuk menganalisis kapasitas penampang dan sedimentasi. Dari hasil pemodelan yang dilakukan dapat diketahui apakah kapasitas saluran dapat mengalirkan debit banjir rencana atau tidak sehingga dapat diberikan desain penampang rencana yang sesuai dan juga dapat diketahui kapan waktu melakukan pengerukan untuk sedimentasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Banjir, Penampang, Saluran, Debit, Sedimentasi.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54173

Actions (login required)

View Item View Item