Analisis Penerapan Metode Rainwater Harvesting Pada Kawasan Perumahan G-Land Padalarang Guna Menjaga Ketersediaan Air Tanah

Permana, Endang (2017) Analisis Penerapan Metode Rainwater Harvesting Pada Kawasan Perumahan G-Land Padalarang Guna Menjaga Ketersediaan Air Tanah.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi di Indonesia menyebabkan perlunya peningkatan pelayanan di semua aspek termasuk penyediaan sarana perumahan. Permintaan sarana perumahan yang semakin tinggi tentunya menyebabkan terjadinya perubahan fungsi lahan yang berdampak terhadap siklus hidrologi yaitu tidak seimbangnya antara air hujan, air permukaan dan air tanah. Sehingga meningkatnya volume dan laju limpasan permukaan, menurunnya kemampuan infiltrasi dan menurunnya permukaan air tanah. Untuk itulah dibutuhkan manajemen air yang terpadu sehingga dapat terciptanya keseimbangan dalam pemanfaatan air, salah satu cara untuk mewujudkan gagasan tersebut adalah dengan menerapkan konsep pemanenan air hujan (rainwater harvesting) pada suatu kawasan perumahan, yaitu konsep pengumpulan air hujan yang ditampung dalam suatu reservoir untuk kemudian air yang telah dikumpulkan dapat dimanfaatkan kembali sebagai alternatif sumber air bersih serta upaya untuk menjaga ketersediaan air tanah dan keseimbangan siklus hidrologi. Lokasi studi analisis penerapan metode rainwater harvesting yaitu pada kawasan perumahan G-Land Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dari hasil penelitian yang dilakukan potensi air hujan yang dapat dipanen pada perumahan G-Land Padalarang dengan curah hujan tahunan sebesar 2.929 mm/tahun dan luas cathment area 66 m2 yaitu sebesar 173.983 liter/tahun. Penggunan air pada Perumahan G-Land Padalarang sepenuhnya menggunakan air tanah, dengan kebutuhan total dalam satu tahun dengan jumlah penghuni rumah 4 orang yaitu sebesar 306.600 liter/tahun. Dengan menggunakan metode rainwater harvesting pada perumahan G-Land Padalarang mampu mengurangi pengunaan air tanah sebesar 52% dari kebutuhan total.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Rainwater harvesting, Air tanah, Perumahan
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Teknik Dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer > Teknik Sipil (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54175

Actions (login required)

View Item View Item