Hambatan Jurnalis Media Dalam Menjalankan Tugas Jurnalistiknya (Studi Deskriptif Mengenai Hambatan Jurnalis Harian Pagi Tribun Jabar Dalam Menjalankan Tugas Jurnalistiknya)

Yunita, Siska (2017) Hambatan Jurnalis Media Dalam Menjalankan Tugas Jurnalistiknya (Studi Deskriptif Mengenai Hambatan Jurnalis Harian Pagi Tribun Jabar Dalam Menjalankan Tugas Jurnalistiknya).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan seorang jurnalis media. Karena tidak semua masyarakat mengetahui apa saja yang di lalui oleh seorang jurnalis untuk menghasilkan berita. Penelitian ini berfokus pada perumusan, penerapan dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang di pergunakan adalah studi litelatur, penelusuran internet, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini yaitu meningkatkan ketekunan dan trianggulasi data. Subjek dalam penelitian ini wartawan Tribun Jabar dan Wartawan lepas yang dibagi menjadi 2 Informan inti dan 1 Informan pendukung Hasil penelitian menunjukan, bahwa hambatan pada seorang jurnalis terbagi menjadi 4 yaitu hambatan teknis, non teknis, eksternal dan internal. Hambatan yang mudah di tangani yaitu hambatan non teknis dan eksternal, yang sulit yaitu teknis dan internal. Meskipun banyak hambatan yang berdampak pada jurnalisnya tetapi Tribun Jabar menjadi Koran No 1 di Jawa Barat. Hambatan menjadi penghalang bagi setiap pekerjaan, tetapi bagi Jurnalis Tribun hambatan menjadi tantangan untuk menjadi lebih baik lagi. Kesimpulan pada penelitian ini, bahwa terdapat empat faktor penghambat seorang jurnalis saat bertugas. Dampak dari hambatan tersebut berpengaruh kepada kinerja seorang jurnalis dan hasil dari berita. Cara menghindari hambatan dengan caracara yang tidak melanggar kode etik, dan menanggulangi hambatan seorang jurnalis belajar dari pengalaman agar tidak menemukan hambatan yang sebelumnya pernah terjadi. Saran dari penelitian ini untuk jurnalis Tribun Jabar diharapkan dengan adanya keempat faktor hambatan tersebut dapat menjadikan motivasi untuk menjadi lebih baikl agi, apapun dampak yang terjadi karena hambatan diharapkan dapat bekerja dengan professional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Jurnalis, Media, MenjalankanTugas
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54184

Actions (login required)

View Item View Item