Strategi Keterbacaan Berita Dalam Media Online (Studi Deksriptif Mengenai Strategi Keterbacaan Berita Dalam Media Online Bisnis.com)

Nur Melinda, Tria (2017) Strategi Keterbacaan Berita Dalam Media Online (Studi Deksriptif Mengenai Strategi Keterbacaan Berita Dalam Media Online Bisnis.com).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini berangkat dari khalayak luas yang beranggapan bahwa dengan nama ��Bisnis.com�� berarti itu merupakan sebuah portal yang hanya menyajikan informasi seputar bisnis. Hal ini menyebabkan sebagian besar khalayak tidak membaca berita di Bisnis.com karena menurut pola pikir mereka berita disana tergolong kedalam berita berat yang hanya dapat dimengerti oleh orang-orang tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Strategi Keterbacaan Berita dalam Media Online Bisnis.com.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah studi litelatur, penelusuran internet, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini yaitu meningkatkan ketekunan dan triangulasi data. Subjek dalam penelitian ini ada karyawan Bisnis.com dan pembaca Bisnis.com yang dibagi menjadi 3 Informan inti dan 2 Informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan, pada perumusan strategi, Bisnis.com merumuskan penetapan tujuan, penetapan sasaran, analisis peluang dan ancaman internal dan eksternal, dan pemilihan kebijakan dan strategi. Di tahap penerapan strategi, dapat dibuktikan oleh Bisnis.com bahwa strategi yang telah dirumuskan sebelumnya sudah diterapkan dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan. Lalu, pada tahap penilaian dapat disimpulkan bahwa berita yang ada di Bisnis.com mudah dipahami oleh pembacanya.Kesimpulannya pembentukkan strategi keterbacaan berita dalam media online Bisnis.com melalui tiga tahap yaitu perumusan strategi, penerapan strategi, dan penilaian strategi yang saling berkesinambungan. Saran dari penelitian ini lebih baik strategi yang telah direncanakan oleh Bisnis.com terus diterapkan dan dikembangan sesuai dengan berkembangnya kebutuhan pembaca.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Keterbacaan, Berita, Media Online
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54187

Actions (login required)

View Item View Item