Strategi Komunikasi Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung

Azis, Lukman (2017) Strategi Komunikasi Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung. Diploma thesis, Universitas Komputer Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Strategi Komunikasi Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung Melalui Kegiatan Plan Tour Dalam Memberikan Informasi Produk-Produk Unggulan Kepada Siswa SMK Dwi Bhakti Ciledug Cirebon. Terbagi menjadi beberapa isu pada Sub fokus dari penelitian ini yaitu: Komunikator, Rencana, Penyampaian Pesan, Tujuan, dan Evaluasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan studi deskriptif. Informan dipilih menggunakan teknik purposive sampling, berjumlah 2 (dua) orang dari Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung, dan berjumlah 4 (empat) orang dari peserta Kegiatan Plan tour. Data penelitian diperoleh melalui observasi non partisipan, wawancara, dokumentasi, studi pustaka dan penelusuran data online. Teknik analisis data adalah mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data, menarik simpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa seorang Komunikator harus bersikap terbuka, Humanis, dan menguasai bidang industri, pandai melakukan pendekatan dengan mengenalkan diri serta memiliki cara penyampaian yang melakukan komunikasi dua arah. Rencana Komunikasi Departemen Komunikasi Korporat adalah Disampaikan bahwa pada saat kegiatan berlangsung harus berjalan di garis kuning, tidak boleh mengganggu operator, mengambil barang yang ada di dalam dan buku safety induction. Pesan yang disampaikan adalah perkembangan PT. Pindad (Persero) Bandung baik fasilitas dan produk-produk unggulan yang di produksi oleh PT. Pindad (Persero) Bandung itu sendiri dilihat dari segi kemampuan produk tersebut. Tujuan yang ingin dicapai dari Departemen Komunikasi Korporat yaitu mengetahui bahwa PT. Pindad (Persero) Bandung punya rasa bangga terhadap produk yang dihasilkan oleh putra-putri anak bangsa. Evaluasi yang dilakukan PT. Pindad (Persero) Bandung adalah sarana kegiatan seperti helm dan spot- spot yang dikunjungi seperti museum agar pengunjung bisa lebih dalam lagi tentang produkproduk unggulan yang ada di PT. Pindad (Persero) Bandung. Simpulannya kegiatan plan tour yang dilakukan oleh Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung telah berjalan dengan baik, sesuai dengan strategi komunikasinya meskipun ada beberapa kekurangan saat Kegiatan Plan Tour berlangsung contohnya saja seperti pengeras suara (wic wireless/toa). Saran untuk Departemen Komunikasi Korporat PT. Pindad (Persero) Bandung diharapkan menyediakan safety helmet di area kantor untuk keamanan peserta, lalu perlu adanya sarana digital big screen dibeberapa tempat agar penyampaian lebih efektif, perlu juga penggunaan mic wireless/toa untuk di luar area industri, memanfaatkan Learning Centre untuk pelatihan komunikator agar lebih cakap dalam Kegiatan Plan Tour, dan koordinasi sebelum Kegiatan Plan Tour dengan divisi yang akan dikunjungi agar berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Departemen Komunikasi Korporat, PT. Pindad (Persero), Kegiatan Plan Tour, Produk-Produk Unggulan, Bandung
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54189

Actions (login required)

View Item View Item