Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Kredit Konsumer PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten

Fauziah, Soraya (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Kredit Konsumer PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Pemasaran PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Dalam Rangka Promosi Program bjb MERAH-PUTIH di KCP. Soreang. Untuk menjawab tujuan diatas maka peneliti mencoba untuk menganalisis hal-hal berikut ini, yaitu penetapan tujuan dan sasaran promosi pemasaran, rancangan pesan, saluran media, pengembangan promotional mix media flyer sebagai media utama, evaluasi dan pengendalian rencana pemasaran. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Terdapat 6 orang informan yang dipilih dengan 3 orang informan kunci dan 3 orang informan pendukung. Menggunakan teknik analisa data dengan tahapan reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, penarikan kesimpulan, evaluasi, dan triangulasi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, studi literatur, dokumentasi, dan penelusuran data online. Hasil penelitian yang telah dilakukan adanya penetapan tujuan promosi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan portofolio kredit bank bjb dengan sasarannya para Pegawai Negeri Sipil di instansi-instansi pemerintahan yang belum memiliki kredit sama sekali di bank bjb dengan melihat database yang dimiliki oleh bank bjb. Rancangan isi pesan yang ingin disampaikan yaitu adanya cashback Rp. 710.000 bagi nasabah yang mengajukan kredit di bulan Agustus melalui program bjb MERAH-PUTIH dengan saluran media sosial Twitter @infobankbjb, Facebook @BANKBJBofficial, Instagram @bankbjb dan media cetak berupa spanduk dan flyer. Promotional mix pemasarannya dilakukan dengan cara personal selling secara person to person kepada nasabah dengan menggunakan media promosi flyer sebagai media utamanya. Tahap evaluasi dan pengendalian rencana pemasaran berlangsung positif dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah debitur melalui program bjb MERAH-PUTIH tersebut. Kesimpulan penelitian adalah Strategi Komunikasi Pemasaran Divisi Kredit Konsumer PT. Bank Pembangunan Jawa Barat dan Banten dalam Rangka Promosi Program Kredit bjb MERA-PUTIH telah berjalan sesuai dengan strategi yang ditetapkan ahkan untuk kedepannya program ini akan terus ada guna meningkatkan kredit di bank bjb. Saran penelitian untuk promosi hendaknya dilakukan tidak hanya dengan personal selling atau person to person oleh account officer saja, lebih bagus lagi dilibatkan pula bagian Humas (Public Relations), namun sayangnya di bank bjb ini tidak ada bagian Humasnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran. BJB, Kredit Merah-Putih
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:33
Last Modified: 10 Nov 2017 03:33
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54203

Actions (login required)

View Item View Item