Implementasi Keberhasilan Usaha Melalui Inovasi Dan Karateristik Wirausaha (Studi Kasus Pada Sentra Keripik Pisang dan Sale Pisang di Kabupaten Sumedang)

Kumala Dewi, Helga (2017) Implementasi Keberhasilan Usaha Melalui Inovasi Dan Karateristik Wirausaha (Studi Kasus Pada Sentra Keripik Pisang dan Sale Pisang di Kabupaten Sumedang).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Dalam mencapai suatu keberhasilan usaha di tengah persaingan bisnis yang semakin ketatnya persaingannya dibidang usaha dan perdagangan yang ada di Indonesia khususnya bagi usaha yang berskala kecil dan menengah. Maka perusahaan dituntut untuk melakukan berbagai cara sehingga dapat meningkatkan daya saing agar dapat memenuhi kebutuhan pasar sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Karakteristik wirausaha yang dimiliki oleh pelaku bisnis merupakan salah satu penentu dalam menjalankan keberhasilan usaha di era globalisasi ini. Inovasi juga menjadi suatu faktor pembeda antar satu pengusaha dengan pengusaha lainnya dalam hal penciptaan produk dan menjadi khas atau keunikan jika produk yang mereka hasilkan berbeda dengan pesaingnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa pengaruh keberhasilan usaha melalui inovasi dan karakteristik wirausaha. Metode penarikan sample yang digunakan adalah sampling jenuh yang terdiri dari 22 responden. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan verifikatif yang terdiri dari analisis regresi linier berganda. Analisis korelasi product moment, dan koefisien determinasi yang digunakan untuk mengukur besarnya pengaruh inovasi dan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keberhasilan usaha melalui inovasi dan karakteristik wirausaha secara parsial lebih bisa meningkat dibandingkan secara simultan. Secara keseluruhan inovasi ada pada kategori cukup baik, karakteristik wirausaha pada kategori kurang baik dan keberhasilan usaha ada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa inovasi lebih berpengaruh signifikan terhadap keberhasilan usaha dibandingkan karakteristik wirausaha terhadap keberhasilan usaha pada Sentra Industri Keripik Pisang dan Sale Pisang di Kabupaten Sumedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Karakteristik wirausaha, dan Keberhasilan usaha
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54237

Actions (login required)

View Item View Item