Pengaruh Likuiditas Dan Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Indonesia Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan periode 2011-2015

Dhamayanti, Nita (2017) Pengaruh Likuiditas Dan Kecukupan Modal Terhadap Profitabilitas Pada Bank Umum Syariah Indonesia Yang Terdaftar Di Otoritas Jasa Keuangan periode 2011-2015.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Peran lembaga keuangan syariah yaitu menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan kembali dana masyarakat ke dalam bentuk-bentuk pembiayaan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. Namun disamping itu perusahaan bank umum syariah juga harus menjaga kinerjanya agar dapat menjadi bank yang dipercaya oleh masyarakat. Profitabilitas merupakan salah satu pengukuran kinerja perusahaan untuk mencapai efisiensi yang diukur dengan membandingkan laba yang diperoleh dengan asset yang menghasilkan laba. Ada banyak faktor yang mempengaruhi profitabilitas, beberapa diantaranya yaitu likuiditas dan kecukupan modal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh likuiditas dan kecukupan modal terhadap profitabilitas secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahun 2011-2015 dari seluruh perusahaan bank umum syariah nasional yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan yaitu sebanyak 13 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 9 perusahaan dari perusahaan bank umum syariah nasional. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan juga menggunakan program aplikasi SPSS versi 21.0 sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian menunjukkan likuiditas, kecukupan modal dan profitabilitas mengalami fluktuasi tiap tahunnya. Selanjutnya hasil analisis statistik menunjukkan secara simultan likuiditas dan kecukupan modal tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa likuiditas berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas dan kecukupan modal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap profitabilitas.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: likuiditas, kecukupan modal, profitabilitas, bank syariah
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54238

Actions (login required)

View Item View Item