Pengaruh Profitabilitas & Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Konstruksi & Bangunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Noor Kurnia Harta Astuti, Alynda (2017) Pengaruh Profitabilitas & Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Konstruksi & Bangunan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Berdirinya sebuah perusahaan memiliki tujuan diantaranya adalah untuk mencapai keuntungan maksimal, ingin memakmurkan pemilik atau pemegang saham dan memaksimalkan nilai perusahaan yang tercermin pada harga sahamnya. Nilai perusahaan merupakan persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang dikaitkan dengan harga saham. Harga saham yang tinggi membuat nilai perusahaan juga tinggi. Nilai perusahaan yang tinggi akan membuat pasar percaya tidak hanya pada kinerja perusahaan saat ini namun pada prospek perusahaan di masa depan. Setiap perusahaan yang sudah go public tentunya ingin memperlihatkan kepada para investor bahwa perusahaan mereka salah satu alternatif investasi yang tepat. Terdapat banyak faktor yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Dalam penelitian ini digunakan 2 faktor yaitu profitabilitas, dan likuiditas. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif dan metode verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah sumber data keuangan tahunan pada perusahaan sektor konstruksi & bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sebanyak 12 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini 6 perusahaan sektor konstruksi & bangunan. Pengujian statistik yang digunakan adalah perhitungan analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dan juga menggunakan program aplikasi Eviews 7 for windows sebagai alat bantu analisis. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas, likuiditas, dan nilai perusahaan mengalami fluktuasi tiap tahunnya. Selanjutnya hasil anilisis statistik membuktikan bahwa secara simultan profitabilitas dan likuiditas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dan likuiditas secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Likuiditas, dan Nilai Perusahaan.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Manajemen > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54251

Actions (login required)

View Item View Item