Pengaruh Implementasi SIMDA Dan Kompetensi SDM Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah (Survei Pada Kantor BPKD Kabupaten Bandung Barat)

Maman S, Ujang (2017) Pengaruh Implementasi SIMDA Dan Kompetensi SDM Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah (Survei Pada Kantor BPKD Kabupaten Bandung Barat).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Sistem akuntansi berbasis akrual yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan diharapkan dapat meningkatkan akuntabilitas dan kualitas laporan keuangan pemerintah daerah, akan tetapi terdapat beberapa permasalahan yang akan timbul dengan diterapkannya sistem akuntansi berbasis akrual dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah, diantaranya yaitu dibutuhkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan profesional dalam pengelolaan keuangan, dan juga menguasai akuntansi pemerintahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Sistem Informasi Manajemen Daerah dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada BPKD Pemerintah Kabupaten Bandung barat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel dalam penelitian ini adalah 3 sub bagian pada Pemerintah Kabupaten Bandung barat dengan responden 50 orang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis SEM Partial Least Square (PLS) dengan bantuan software SmartPLS 3.0.M3.Hasil penelitian menunjukan bahwa Sistem Informasi Manajemen Daerah berpengaruh signifikan positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah dan Kompetensi Sumber Daya Manusia berpengaruh signifikan positif terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah pada BPKD Pemerintah Kabupaten Bandung barat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi Manajemen Daerah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Ekonomi Bisnis > Akuntansi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54266

Actions (login required)

View Item View Item