Aktivitas Komunikasi Dalam Kesenian Ronggeng Amen (studi Etnografi Komunikasi Mengenai Akrivitas Komunikasi Dalam Kesenian Ronggeng Amen di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran)

Susilawati, Dewi (2017) Aktivitas Komunikasi Dalam Kesenian Ronggeng Amen (studi Etnografi Komunikasi Mengenai Akrivitas Komunikasi Dalam Kesenian Ronggeng Amen di Desa Ciliang Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Maksud Penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji lebih dalam mengenai Aktivitas Komunikasi dalam Kesenian Ronggeng Amen di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Peneliti mengangkat sub fokus Penelitian yaitu Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, dan Tindakan Komunikatif. Metode Penelitian ini merupakan kualitatif dengan studi etnografi komunikasi. Informan penelitian berjumlah 5 (Lima) orang, 3 (tiga) informan kunci dan 2 (dua) informan pendukung yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, studi pustaka, internet searching, dokumentasi dan catatan lapangan. Teknik analisa data yaitu deskripsi, analisis dan interprestasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kesenian Ronggeng Amen terdapat situasi komunikatif yang sakral dimana ketika persiapan sebelum pertunjukan kesenian Ronggeng Amen dilaksanakan ada kegiatan khusus berupa ritual yang harus dilakukan oleh pihak dari Lingkung Seni maupun orang yang mempunyai hajat/acara, tempat pelaksanaanya yaitu di salah satu ruangan tertutup yang dekat dengan lokasi pertunjukan. Peristiwa komunikatif yang terjadi dalam kesenian Ronggeng Amen yaitu tema lagu yang dihadirkan mengandung pesan seperti tentang cinta kasih, menghormati sesama, pembangunan, dalam gerakan-gerakan yang ditampilkan juga mengandung pesan yaitu sikap gotong royong, toleransi dan tanggung jawab, selain itu adanya pesan moral yang terkandung dalam gerakan tari yang seirama sejalan atau seiya sekata, tidak saling mendahului, tidak saling menjatuhkan. Sedangkan tindakan komunikatif yang terjadi pada kesenian Ronggeng Amen terdapat beberapa tahapan yang dilaksanakan yaitu: Tatalu, Lulugu, Ngebaksa/nyoder, Ibingan/Tarian Ronggeng, dalam tahapan tersebut terdapat simbol-simbol dan gerakangerakan yang menjadi sebuah simbol yang mengandung makna tersendiri bagi mereka.. Simpulan penelitian memperlihatkan bahwa Aktivitas Komunikasi dalam kesenian Ronggeng Amen merupakan tradisi adat sunda yang selalu dilakukan sebelum pertunjukan dimulai. Tradisi adat sunda ini sudah dilaksanakan dari jaman dahulu, yang didalam pelaksanaannya terdapat beberapa sesajen sebagai bentuk pengasihan kepada leluhur. Saran yang diberikan peneliti yaitu agar seluruh masyarakat Sunda khususnya yang berada di Kabupaten Pangandaran agar tetap memegang teguh seni budaya tradisional warisan dari leluhur, sehingga seni budaya tradisional seperti kesenian Ronggeng Amen ini tidak punah dan dapat terus dilestarikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Etnografi Komunikasi, Aktivitas Komunikasi, Situasi Komunikatif, Peristiwa Komunikatif, Tindakan Komunikatif, Kesenian Ronggeng Amen.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54295

Actions (login required)

View Item View Item