Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless (Studi Fenomenologi Mengenai Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless Dalam Memenuhi Figur Ayah di Kota Bandung)

Nila Safitri, Nur (2017) Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless (Studi Fenomenologi Mengenai Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless Dalam Memenuhi Figur Ayah di Kota Bandung).

Full text not available from this repository.
Official URL: http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=rea...

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mendeskripsikan mengenai Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless Dalam Memenuhi Figur Ayah Di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan remaja perempuan fatherless, Significant Other Mendorong remaja perempuan fatherless untuk memenuhi figur Ayah, Reference Group Mendorong remaja perempuan fatherless untuk memenuhi figur Ayah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan medote studi fenomenologi. Jumlah informan penelitian terhitung sebanyak 6 orang. Pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, internet searching, studi lapangan, observasi non partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa Pandangan diri remaja perempuan yang kehilangan sosok ayah dibagi menjadi dua, yakni pandangan diri positif seperti mandiri dalam menyelesaikan masalah, dewasa mengambil keputusan, memikirkan masa depan dan pandangan diri negatif seperti tidak percaya diri dan tidak responsive. Significant Other mendorong dan menimbulkan konsep diri yang positif terhadap remaja perempuan fatherless. Karena Significant Other memenuhi kebutuhan dari remaja itu sendiri untuk memenuhi figure seorang ayah. Reference Group Bagi teman sebaya, mereka menganggap remaja yang tidak memiliki ayah adalah hal yang biasa saja, akan tetapi mereka sebagai teman terus mendorong remaja perempuan fatherless untuk berprilaku dan bergaul dengan baik tidak terpengaruh dengann hal- hal yang negatif. Konsep Diri Remaja fatherless memenuhi figur ayah terbentuk karena ada dorongan dari significant other dan reference group dimulai kerinduan pada ayah dapat digantikan oleh seorang ibu yang selalu ada ketika ia teringat pada ayah dan proses pemenuhan figur ayah yang terdiri dari orang yang terdekat dan teman-teman yang selalu memberi dukungan positif kepada dirinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Konsep Diri Remaja Perempuan Fatherless Dalam Memenuhi Figur Ayah Di Kota Bandung, remaja perempuan yang tidak memiliki ayah dapat membentuk konsep diri yang positif dan memungkinkan juga membentuk konsep diri negatif sesuai dengan dorongan orang yang paling terdekat dan lingkungan tempat dimana ia bergaul. Saran dari penelitian ini adalah Untuk seorang remaja yang tidak mempunyai ayah untuk tidak melakukan hal-hal yang negatif agar tidak menyebabkan pandangan buruk terhadap dirinya.Masyatakat agar tidak menilai seorang remaja yang tidak memiliki ayah negatif , walaupun jaman sekarang anak yang tidak merasakan pengasuhan anak selalu dipandang negatif karena fisiknya. Masyarakat jangan melihat dari luarnya saja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsep diri, Remaja perempuan, fatherless, figure ayah.
Subjects: S1-Final Project > Fakultas Sospol > Ilmu Komunikasi > 2017
Divisions: Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Komputer Indonesia > Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi (S1)
Date Deposited: 10 Nov 2017 03:34
Last Modified: 10 Nov 2017 03:34
URI: https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/54298

Actions (login required)

View Item View Item